Tahukah Kamu? Jumlah Pohon di Bumi Lebih Banyak dari Jumlah Bintang di Galaxy Bima Sakti

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Jumlah pohon dibumi ternyata lebih banyak dari bintang di galaksi Bima Sakti. Ini diungkap para ilmuwan yang berhasil menghitung jumlah pohon yang ada di Bumi berdasarkan data dari para sukarelawan dan organisasi lingkungan. Menggunakan bantuan komputer, para ilmuwan menganalisis area yang telah ditentukan berdasarkan citra satelit, menyesuaikannya dengan data yang diterima, dan ditemukan bahwa jumlah pohon di Bumi mencapai 3 triliun pohon.

Sebelumnya, tim dari Universitas Yale di New Haven, Connecticut, AS hanya berhasil menghitung jumlah pohon di angka 400 miliar. Namun dengan penelitian skala besar ini, datanya lebih akurat dengan hasil 8 kali lipat lebih banyak. Dengan jumlah pohon di Bumi mencapai 3 triliun pohon, dapat disimpulkan bahwa ada sekitar 420 pohon untuk setiap satu orang. Angka ini jauh lebih besar dari jumlah bintang di Bima Sakti yang diperkirakan berjumlah 400 miliar bintang.

Dilansir dari World Atlas, Selasa 2 Mei 2023, jumlah bintang tersebut didapat dari evaluasi massa galaksi yang telah dilakukan para astronom. Ini bisa dilakukan dengan mengamati perputaran galaksi pada porosnya. Komponen lain dari perhitungan tersebut adalah analisis spektral, yang dilakukan dengan menggunakan spektroskop.

baca juga : Canggih, Mahasiswa ITS Kembangkan Traktor Tanpa Awak

Selama 30 tahun terakhir, ada model lain yang digunakan untuk menghitung jumlah bintang di Bima Sakti, bervariasi dari matematika hingga kuantum. Hal ini menimbulkan pendapat yang berbeda-beda, karena setiap metode menawarkan caranya masing-masing. Di antara pandangan yang paling umum terdapat batas bawah dalam perhitungan, yang angkanya ada sekitar 100 miliar bintang.

Namun metode penghitungan lain mengklaim 400 miliar bintang terletak di galaksi Bima Sakti tempat. Apapun hasil dari metode penghitungan yang dilakukan, tetap saja jumlah bintang di Bima Sakti masih kalah jauh dengan jumlah pohon di Bumi. Meski jumlah pohon lebih banyak dibanding jumlah bintang di galaksi Bima Sakti, para ilmuwan menyebut bahwa 3 triliun pohon juga sebenarnya bukanlah angka yang terlalu banyak.

Maraknya penebangan pohon patut menjadi perhatian. Para ilmuwan mendesak pecinta lingkungan di seluruh dunia untuk tidak mengabaikan upaya mereka melindungi dan melestarikan pohon di Bumi. Pasalnya semakin berkurangnya jumlah pohon bisabberbahaya bagi kelangsungan hidup umat manusia.

 


(ADI)

Berita Terkait