Bupati Lamongan Diakui sebagai Pemimpin Inspiratif dalam Bidang Pembangunan Manusia

Bupati Lamongan mendapat penghargaan(Dok. PemkabĀ Lamongan) Bupati Lamongan mendapat penghargaan(Dok. PemkabĀ Lamongan)

Lamongan: Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mendapat penghargaan dalam kategori kepemimpinan inspiratif di bidang pembangunan manusia. Penghargaan ini diberikan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Bojonegoro, Jumat, 2 Agustus.

Penghargaan ini wujud keberhasilan Pak Yes, sapaan Yuhronur, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lamongan. IPM Lamongan meningkat dari 73,12 pada 2021 menjadi 75,02 pada 2022, dan sedikit turun menjadi 74,53 pada tahun 2023.

IPM merupakan indikator yang mengukur kualitas hidup manusia melalui pendidikan, kesehatan, dan daya beli. Peningkatan IPM ini bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, sesuai dengan misi pembangunan Lamongan 2021-2026.

"Alhamdulillah, kerja keras kami dalam mewujudkan komitmen pembangunan sumber daya manusia yang unggul mendapatkan anugerah. Itu menandakan usaha kita nyata," ujar Pak Yes dikutip dari Media Indonesia, Senin, 5 Agustus 2024.

Salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Lamongan adalah melalui program pendidikan terintegrasi dan gratis (Perintis). Program ini menyediakan beasiswa untuk siswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi. 

Dalam tiga tahun terakhir, sebanyak 18 ribu beasiswa disalurkan untuk kategori SD hingga S2.

Selain pendidikan, Pak Yes juga menyoroti keberhasilan dalam pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Lamongan. Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI), angka stunting di Lamongan turun dari 27,5 menjadi 9,4 pada tahun 2023.

"Penurunan angka stunting ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap pertumbuhan generasi bangsa. Dampak stunting bisa bersifat jangka panjang, dan kami tidak hanya mengobati tetapi juga melakukan antisipasi melalui konsep sinergi," jelas Pak Yes.

Pak Yes menambahkan bahwa komitmen untuk membangun sumber daya manusia yang unggul adalah investasi jangka panjang. Dengan menciptakan SDM yang unggul, diyakini pembangunan di masa depan akan terus berlanjut dengan baik di Kabupaten Lamongan.

Dengan capaian ini, Lamongan tidak hanya menunjukkan keberhasilan dalam pembangunan manusia, tetapi juga memberikan contoh inspiratif bagi daerah lain dalam hal komitmen dan strategi pembangunan yang berkelanjutan.


(SUR)

Berita Terkait