Tradisi Toron, Warga Kepulauan Sumenep Berdesakan Masuk Kapal

Penumpang kapal berebut masuk hingga melalui jendela kapal/metrotv Penumpang kapal berebut masuk hingga melalui jendela kapal/metrotv

SUMENEP: Ratusan penumpang berebut masuk kapal demi bisa pulang ke kepulauan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Sejumlah anak kecil sampai harus dievakuasi petugas karena khawatir jatuh ke laut.

Ratusan warga terlihat memadati dermaga saat Kapal Munggoyango Hulalo bersandar di Pelabuhan Kalianget,  Sumenep, Kamis 22 Juni 2023. Mereka melakukan tradisi toron atau pulang kampung di Hari Raya Idul Adha.

Ratusan penumpanharus berdesak-desakan demi bisa masuk kapal tujuan Pulau Kangean dengan durasi tempuh sekitar 10 Jam perjalanan laut. Petugas tidak menyangka penumpang akan membludak, sehingga kewalahan mengatur.  

Warga terus berebut masuk baik di pintu atau di jendela kapal. Bahkan terlihat juga sejumlah anak kecil menangis dan harus dievakuasi dari kerumunan karena tidak kuat berdesakan dan khawatir jatuh ke laut

BACA: Bunuh Diri, Pria Bangkalan Terjun dari Jembatan Suramadu

Kepala BPTD Kalianget, Tarto mengaku, membeludaknya penumpang diakibatkan hanya ada satu kapal untuk rute Kalianget, setelah kapal milik BUMD Sumenep rusak dan docking.

"Akibatnya, warga berebut masuk karena takut tidak terangkut, " ujarnya.  

Salah seorang warga, Ahmad, mengaku sengaja pulang lebih awal agar tidak terlalu sesak. Sebab jelang Idul Adha dikhawatirkan malah tambah sesak.  Apalagi kapal yang beroperasi hanya satu.

"Ini pulang kampung lebih awal, tapi tetap saja penuh. Kalau mendekati Idul Adha malah tambah ramai bisanya, " keluhnya.

Selain ratusan warga, barang yang akan dibawa juga tidak kalah banyak, hingga di bagian sisi kapal juga penuh. Mulai dari sembako, oleh-oleh dan kambing kurban untuk Idul Adha juga diangkut.

 


(TOM)

Berita Terkait