HUT Ke-77 RI, Komunitas Penyelam Situbondo Bentangkan Spanduk Stop Bom Ikan

Komunitas penyelam bebas Situbondo bentangkakan spanduk Komunitas penyelam bebas Situbondo bentangkakan spanduk "Stop Bom Ikan" di Takat Emas tengah laut. (ANTARA/HO-Komunitas Penyelam Bebas Situbondo)

Clicks.id: Komunitas penyelam bebas Situbondo melaksanakan kegiatan menancapkan bendera Merah Putih dan membentangkan spanduk bertuliskan "Stop Bom Ikan" di Takat Emas, yakni gugusan gunung batu karang perairan laut Situbondo yang berada di tengah-tengah antara pulau Madura, Jawa dan Bali. Hal itu dilakukan dalam rangka menyemarakkan HUT RI yang Ke-77.

Pembentangan spanduk bertuliskan "Stop Bom Ikan" dilakukan juga sebagai bentuk protes terhadap maraknya penangkapan ikan menggunakan bom ikan. Takat Emas merupakan aset bawah laut milik Kabupaten Situbondo yang saat ini kondisinya memprihatinkan.

"Kami juga telah mendokumentasikan kerusakan karang di bawah laut yang sangat memprihatinkan. Padahal itu bisa menjadi wisata underwater yang sangat prospektif kalau benar-benar dijaga," ujar salah seorang Komunitas Penyelam Bebas Situbondo, Eko Kintoko, dikutip dari Antara, Selasa, 16 Agustus 2022.

Menurut Eko, selama ini pihak yang berwenang terkesan tidak ada yang peduli dengan keberadaan Takat Emas. Penangkapan ikan menggunakan bom ikan di kawasan Takat Emas, marak terjadi sehingga ekosistem laut rusak.

"Harapan kami Takat Emas mendapat perhatian serius dari pemerintah, karena menjadi tempat pemijahan ikan-ikan atau proses pengeluaran sel telur ikan betina dan sperma induk jantan," tuturnya.


(SUR)

Berita Terkait