Cegah Stunting, IDI Gresik Tanam 500 Bibit Tanaman Buah

 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gresik menamam ratusan bibit pohon buah di Desa Wedoro Anom dan Puskesmas Kecamatan Benjeng, Gresik (Foto / Huda/Metro TV) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gresik menamam ratusan bibit pohon buah di Desa Wedoro Anom dan Puskesmas Kecamatan Benjeng, Gresik (Foto / Huda/Metro TV)

GRESIK : Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gresik menamam ratusan bibit pohon buah di Desa Wedoro Anom dan Puskesmas Kecamatan Benjeng, Gresik, Minggu 28 Mei 2023. Sebanyak 8 jenis tanaman buah, dib antaranya Kelenkeng, Sawo Jumbo, Mangga Qiu Jay, dan Durian Musang King ditanam di dua lokasi tersebut. Jumlahnya ada sekitar 500 tanaman.

Ketua IDI Gresik, dr. Umar Nur Rachman mengatakan sengaja menanam tanaman buah untuk mengurangi angka stunting. Dengan tanaman buah, nantinya bisa menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga keterlambatan tumbuh kembang anak bisa dicegah.

"Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari acara Bhakti Dokter yang ke 115, yang digelar secara serentak se Jawa Timur," katanya.

baca juga : Jelang Tahun Politik, Polres Gresik Genjarkan Patroli Siber

Dokter Umar menambahkan sengaja memilih jenis tanaman kayu keras, agar bisa cepat berbuah dalam beberapa tahun kedepan. Sehingga buah yang dihasilkan dapat dinikmati masyarakat termasuk ibu- ibu hamil. "IDI Gresik juga akan melakukan kegiatan seperti ini di pulau Bawean, karena kasus stunting di pulau Bawean juga cukup tinggi", tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Mukhibatul Khusnah dan Kepala Dinas KBPPA dr. Titik Ernawati serta perwakilan dari dinas pertanian mengapresiasi kegiatan para dokter di Gresik ini. Hal ini dinilai sebagai ikhtiar bersama untuk ikut membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting di kabupaten Gresik.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada IDI telah melakukan gerakan tanam pohon yang sejalan dengan program bapak Bupati, dalam upaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Gresik", ujar dr. Khusnah.

baca juga : Turun Pesawat, Timnas Voli Putri Sea Games Mediol Yoku Nyoto Haji Karim Gresik

 


(ADI)

Berita Terkait