Jelang Pemilu, Puluhan Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

Puluhan perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo melakukan deklarasi damai menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang semakin dekat/Medcom.id/Heri Susetyo Puluhan perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo melakukan deklarasi damai menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang semakin dekat/Medcom.id/Heri Susetyo

Sidoarjo: Puluhan perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar deklarasi damai jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Para guru silat sepakat untuk turut menciptakan suasana keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Christian Tobing menyampaikan, TNI-Polri mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Setiap perguruan silat diminta aktif menjaga kerukunan bersama.

"Untuk itulah, dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama antar perguruan silat guna menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, serta memiliki dampak positif terhadap masyarakat luas. Salah satunya melalui deklarasi damai perguruan silat di hadapan Pemkab Sidoarjo dan TNI-Polri," kata Christian Tobing dikutip dari Medcom.id pada Selasa, 23 Januari 2024.

Terdapat sedikitnya 26 perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo yang turut serta melakukan deklarasi damai di Mapolresta Sidoarjo itu. Deklarasi damai diprakarsai Polresta Sidoarjo bersama Kodim 0816 Sidoarjo.

Deklarasi damai ini dihadiri Kapolresta Sidoarjo Kombes Christian Tobing, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo, Sekda Kabupaten Sidoarjo Andjar Surjadianto, Ketua IPSI Sidoarjo Yudi Triawan, dan pimpinan dari 26 perguruan silat di Kabupaten Sidoarjo.

Deklarasi damai ini diharapkan sebagai komitmen bersama untuk dapat menjaga keamanan dan ketentraman di tengah masyarakat, terutama jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain itu, semua perguruan silat diminta menolak segala bentuk kerusuhan dan konvoi jalanan berupa tindakan anarkis yang dapat mengganggu kondusifitas kamtibmas.

Setelah deklarasi, para guru silat diharapkan melakukan sosialisasi ke anggota perguruan pencak silat masing-masing, termasuk apabila ada yang berbuat onar akan diselesaikan sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku. 


(SUR)

Berita Terkait