5 Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Gigi kuning sangat mengganggu penampilan. Kondisi ini bisa muncul saat lapisan padat berwarna putih dan keras yang melindungi mahkota gigi sudah aus. Biasanya, gigi lambat laun akan berubah warna dari putih ke kuning seiring bertambahnya usia.

Namun, ada beberapa hal yang bisa memperbaiki warna gigi dari putih bersih menjadi kuning. Berikut ini beberapa cara memutihkan gigi kuning secara alami dengan mudah dan ampuh.

1. Gosok dengan baking soda

Baking soda atau soda kue berperan sebagai pemutih alami. Selain digunakan untuk memutihkan perlengkapan sehari-hari, baking soda juga ampuh untuk memutihkan gigi. Anda tinggal menggosokkan saja dengan sikat gigi pada bagian yang mulai menguning.

2. Kumur dengan minyak kelapa

Meski terkesan aneh dan menjijikkan, namun berkumur dengan minyak kelapa menjadi salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Lakukan hal ini secara teratur, agar gigi Anda bisa kembali memutih. Namun, Anda perlu berhati-hati agar minyak kelapa tidak sampai tertelan ke dalam mulut.

Baca Juga : 4 Daftar Penyakit Baru Jika Kecanduan Gadget

3. Konsumsi nanas

Karena nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi untuk memutihkan gigi. Buah ini sangat baik dikonsumsi saat Anda hendak memutihkan gigi. Sebaiknya Anda iris-iris kecil agar hasil yang didapat lebih maksimal.

4. Kumur dengan cuka apel

Cara memutihkan gigi yang juga bisa Anda coba yakni berkumur dengan cuka apel dalam dosis yang kecil. Cuka apel mengandung sedikit alkohol sehingga Anda harus mengatur porsi jangan terlalu banyak agar tidak tertelan hingga merusak pencernaan.

5. Oleskan stroberi

Memutihkan gigi dengan buah stroberi mesti Anda coba jika beberapa cara itu belum maksimal. Kandungan asam malat pada stroberi mampu menghilangkan perubahan warna pada gigi. Selain memutihkan kembali stroberi juga ampuh untuk merawat gigi agar tidak mudah menguning.

Agar hasil maksimal lakukan beberapa hal itu secara konsisten. Jika belum kunjung berhasil, sebaiknya Anda bawa pada tenaga kesehatan ahli gigi.


(ADI)

Berita Terkait