5 Fakta Sejarah Duel Prancis vs Portugal, Kutukan Ronaldo!

Cristiano Ronaldo (ist) Cristiano Ronaldo (ist)

CLICKS: Duel big match antara Portugal vs Prancis akan terjadi laga terakhir Grup F EURO 2020 di Puskas Arena,  Budapest, Hungaria, Kamis dini hari nanti, 24 Juni 2021.

Laga ini dipastikan sengit, terutama bagi Portugal yang wajib menang untuk mengamankan tiket  ke babak 16 besar. Jika seri atau kalah, nasib Portugal akan bergantung pada hasil lain, Jerman vs Hungaria.

Bukan hanya krusial, laga Portugal vs Prancis juga punya sejarah tersendiri di pentas sepakbola.

Berikut 5 fakta sejarah duel Portugal vs Prancis:

1. Ulangan Final EURO 2016

Laga Portugal vs Prancis. Laga ini adalah ulangan final EURO 2016. Ketika itu, timnas Portugal menang 1-0 melalui gol pada perpanjangan waktu.

BACA: Bursa Prediksi Slovakia vs Spanyol: Matador di Ujung Tanduk!

2. Selalu Ada Gol

Sepanjang sejarah, pertemuan Portugal vs Prancis telah berlangsung 27 kali. Hasilnya, hampir selalu tercipta gol. Hanya sekali pertemuan kedua tim ini berakhir imbang tanpa gol, 0-0 dalam ajang UEFA Nations League A yang berlangsung di Stade de France 2020.

Setelah laga di Stade de France, gol kembali hadir ketika kedua tim bersua pada ajang yang sama di Stadion Da Luz, 14 November 2020.


3. Skor Ketat

Pertarungan Portugal vs Prancis selalu ketat. Dalam 6 pertemuan terakhir, salah satu tim menang dengan selisih 1 gol dan sekali imbang.

Selain itu, hasil ketat mewarnai 15 dari 27 pertemuan kedua tim. Rinciannya, 13 kali berakhir dengan kemenangan salah satu tim dengan selisih 1 gol dan 2 kali imbang.

Skor tersering dalam pertemuan Portugal vs Prancis adalah 1-0. Skor ini muncul sebanyak 6 kali. Empat dari 6 pertemuan kedua tim juga berakhir 1-0.

4. Prancis Banyak Menang

Timnas Prancis punya rekor apik saat bersua timnas Portugal. Les Bleus membukukan 19 kemenangan. Dari total 19 kemenangan itu, 10 di antaranya dibukukan secara beruntun dari 1978 hingga 2015.  Enam kemenangan di antaranya, Prancis clean sheat alias tak kebobolan.

Rekor kemenangan beruntun Prancis terhenti justru pada momen mahapenting, yakni final EURO 2016 di kandang sendiri, Stade de France. Tim asuhan Didier Deschamps takluk 0-1 oleh gol Eder pada menit ke-109.

5. Kutukan Ronaldo

Timnas Prancis menjadi prahara bagi Cristiano Ronaldo. Hingga saat ini, megabintang Portugal itu belum pernah membobol gawang Les Blues.

Padahal, Ronaldo sudah enam kali melakoni laga Portugal vs Prancis. Di antaranya pada semifinal Piala Dunia 2006 dan finsal EURO 2016.

Bukan hanya gagal mencetak gol, dari enam pertandingan melawan Prancis, hanya sekali Ronaldo membawa Portugal menang, yakni di final EURO 2016. Itu pun Ronaldo sudah  harus keluar lapangan pada menit ke-25 gara-gara cedera.


(TOM)

Berita Terkait