Keren, Kontes Ikan Cupang di Kediri Pecah Rekor MURI

Tim MURI sedang menghitung jumlah peserta kontes Ikan Cupang di Kediri. (metrotv) Tim MURI sedang menghitung jumlah peserta kontes Ikan Cupang di Kediri. (metrotv)

KEDIRI: Kontes ikan cupang yang digelar di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur berhasil masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). Tidak tanggung-tanggung, 2 rekor sekaligus!

Rekor pertama adalah jumlah peserta terbanyak. Selain itu juga mencatakan sebagai kontes ikan cupang dengan hadiah terbesar, berupa uang dan satu unit mobil.

"Jumlah peserta terbanyak dengan 2457 ekor ikan yang memecahkan rekor kontes di padang 2017 lalu dengan peserta seribu lebih ikan. Kontes ini juga memecahkan rekor dengan hadiah terbanyak yakni total Rp 196 juta, " ujar Customer Relation Manager Muri, Andre Purwandono, Minggu 27 Juni 2021.

Kontes ikan cupang tingkat internasional bertajuk "Kontes Betta 8th Rise and Shine 2021" tidak hanya diikuti peserta dari kota-kota besar di Indonesia. Namun juga dari mancanegara, seperti Thailand, Filipina dan  Singapura.

BACA: Ingin Cerahkan Warna Ikan Cupang? Yuk, Intip Rahasianya di Sini

Dalam kontes ikan cupang ini, total hampir 3.000 ribu ikan cupang yang ikut berpartisipasi dan  58 kelas yang dilombakan. Termasuk reguler dan optional.  

Selain menyediakan ratusan piala dan piagam,  panitia juga menyediakan satu unit mobil untuk pemenang. Hadiah mobil dimenangkan peserta dari Surabaya yang tergabung dalam Grup Bajul Joget yang mengikuti semua kelas dengan membawa 425 ekor ikan cupang.

Sementara Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi kontes ikan cupang skala internasional tersebut. Selain menerapkan protokol kesehatan ketat juga memecahkan rekor.  

"Kami juga berharap para peternak tidak hanya menggelar kontes, namun ke depannya mampu menciptakan genetik ikan asli dari Kediri, " pinta orang nomor satu di Kediri ini.  

Kabupaten Kediri sendiri dikenal sebagai sentra budi daya ikan cupang terbesar. Para peternak tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Ngadiluwih, Ngasem, Gurah dan Kecamatan Kandat. 


(TOM)

Berita Terkait