RSUD dr Soedono Kebanjiran, Pasien Dievakuasi

Meluapnya sungai Ngasinan di Trenggalek mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedomo kebanjiran (Foto / Metro TV) Meluapnya sungai Ngasinan di Trenggalek mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedomo kebanjiran (Foto / Metro TV)

TRENGGALEK : Meluapnya sungai Ngasinan di Trenggalek mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedomo kebanjiran. Sejumlah pasien terpaksa dievakuasi ke tempat lebih tinggi yakni lantai 2 dan 4. Bahkan, untuk sementara, pihak manajemen meliburkan layanan rawat jalan karena semua poliklinik di rumah sakit terendam banjir.

Kasi Kelembagaan RSUD dr Soedomo Trenggalek, Lilik Absari mengatakan, air mulai masuk sekitar pukul 06.30 WIB. Hari ini, semua pelayanan rawat jalan sementara diliburkan. Sebab semua poliklinik yang ada di rumah sakit tergenang air. Rata-rata ketinggian air sampai lutut. Semua pasien yang berada di lantai 1 telah dievakuasi ke lantai 2.

"Tapi ini potensi bisa naik, karena hujan masih terus. Air juga kelihatannya masih deras dari arah sungai. Untuk semua pasien yang ada di lantai 1, sudah dilakukan evakuasi ke lantai 2, 3 dan 4 yang ada di RSUD," ujarnya, Selasa, 18 Agustus 2022.  

Beberapa ruang yang terdampak adalah ICU, terus ruang mawar, ruang Seruni, ruang Raflesia, dan ruang pelayanan. Pihak rumah sakit masih terus melakukan pendataan terhadap para pasien yang dievakuasi. "Kami dari RSUD tetap memprioritaskan keselamatan pasien dan keluarganya," imbuhnya.

baca juga : Pemeran Video Porno di Kawasan Pacet Ditangkap

Banjir menyebabkan akses ke rumah sakit juga tertutup total. Pihak rumah sakit belum bisa menerima pasien rujukan dari puskesmas. Kecuali pasien dibantu pihak BPBD atau Basarnas untuk evakuasi dari wilayah ke rumah sakit umum.

"Prinsipnya, kami tetap melayani misalnya menerima pasien melalui IGD. Karena rawat jalan kami tutup untuk pelayanan di hari ini," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait