Pertama, 2 Harimau Sumatra Lahir di Taman Safari Prigen

Dua ekor harimau sumatra lahir secara normal di TSI II Prigen, Kabupaten Pasuruan. (metrotv) Dua ekor harimau sumatra lahir secara normal di TSI II Prigen, Kabupaten Pasuruan. (metrotv)


PASURUAN: Dua ekor bayi harimau Sumatera berjenis kelamin betina lahir di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada 4 Mei 2021. Keduanya diberi nama Isyana dan Aura.  

Hingga saat ini masih dalam perawatan keeper dan belum dikeluarkan dari kandang karantina. Kelahiran dua ekor bayi harimau Sumatera ini merupakan yang pertama kali di TSI II Prigen sekaligus menambah koleksi menjadi 4 ekor.

"Dua ekor bayi harimau Sumatera ini lahir secara normal. Di Taman Safari Prigen, ini  yang pertama kali. Jadi sekarang ada  4 harimau Sumatera di sini, " ujar Ruddy, keeper harimau Sumatera, Kamis 28 Juli 2021.

BACA: Usir Pagebluk Korona, Ratusan Warga Lumajang Pasang Boneka Seram

Diketahui,  harimau Sumatra atau phantera tigris Sumatra ini merupakan hewan langka. Dari data tahun 2004 yang lalu, populasi harimau Sumatera di alam bebas hanya ada sekitar 400 ekor saja.

Kelangkaan populasi harimau Sumatera sendiri diduga terjadi akibat dari deforestasi serta perburuan liar dan perdagangan ilegal.

Bagian tubuh dari harimau Sumatera terutama kulit menjadi incaran banyak orang. Selain menjadi pajangan hiasan rumah, konon juga dijadi obat berbagai penyakit.

 


(TOM)