Tubuh Terasa Lemas, Begini Tips Agar Tetap Semangat Bekerja saat Ramadan

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Tidak terasa, hari ini kita sudah memasuki hari ke-8 Ramadan 2021. Pada hari-hari pertama berpuasa, biasanya seseorang akan merasa lemas dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Dengan berubahnya siklus makan dan tidur, butuh waktu untuk seseorang beradaptasi dengan kondisi puasa.

Salah satu aktivitas yang paling terdampak selama Ramadan, yakni kerja. Bekerja sembari menjalankan ibadah puasa memang membuat diri kita lebih produktif. Tetapi, pada waktu bersamaan, kondisi itu juga menjadi tantangan bagi kita.

Belum lagi, jadwal tidur yang berubah dikarenakan seseorang melaksanakan sahur juga membuat tubuh terasa lebih lelah dari biasanya. Namun, jangan khawatir, dilansir dari British Council Indonesia Foundation, berikut tujuh tips yang dapat kalian lakukan agar tetap termotivasi selama Ramadan 1442 Hijriah.

Baca juga: Ingin Badan Tetap Bugar selama Berpuasa? Yuk, Lakukan 5 Olahraga Ini

1. Miliki tekad yang kuat

Tanamkan pada diri kalian bahwa kalian ingin bekerja dengan semangat dan penuh energi. Saat Ramadan, memang banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari menahan lapar dan dahaga, menahan hawa nafsu, hingga meredam pikiran negatif. Tetapi, buatlah semua hal itu menjadi motivasi kalian. Jika tekad kalian sudah kuat, maka tips-tips selanjutnya akan lebih mudah untuk diikuti.

2. Makan hidangan sahur secukupnya

Hayo siapa di sini yang suka menjadikan momen buka puasa menjadi ajang untuk ‘balas dendam’ atas rasa lapar yang dirasakan seharian? Pasti semua orang pernah melakukan hal ini. Tetapi, cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk itu.

Mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, tidak perlu dilakukan dengan makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuat kalian menjadi mengantuk dan tidak berenergi. 

Tak hanya itu, pilih menu yang seimbang. Pastikan terdapat karbohidrat, protein, hingga serat dalam asupan kalian. Makanan yang mengandung serat dapat membantu kalian merasakan kenyang yang lebih lama. Tak lupa, konsumsilah banyak sayuran dan buah-buahan.

3. Jangan tidur setelah sahur

Bagi kalian yang memiliki kebiasaan tidur larut malam, sebaiknya kalian memperbaikinya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena kalian juga harus bangun lebih awal selama Ramadan untuk melaksanakan sahur. 

Apabila kalian bisa menyesuaikan jadwal tidur menjadi lebih awal, maka kalian tidak akan merasa mengantuk setelah sahur. Sebab, dianjurkan untuk tidak tidur lagi setelah sahur karena bisa membuat kalian merasa lesu setelahnya. Dari pada tidur, lebih baik kalian melanjutkan aktivitas setelah sahur dengan berolahraga sebelum berangkat ke kantor.

4. Sertakan aktivitas lain selama bekerja 

Bagi pemeluk agama Islam, cobalah untuk memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan. Seperti berolahraga, jalan-jalan santai di lingkungan kantor, atau mengobrol dengan rekan kerja. 

Baca juga: Bosen Ngabuburit Gitu-gitu Saja? Yuk, Dengerin Drama Radaman 'Pualam Pelangi' di Podme 

Jika kantor kalian dilengkapi dengan TV, meja biliar, dan video gim, maka cobalah untuk memanfaatkan seluruh fasilitas tersebut. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan waktu istirahat makan siang untuk tidur singkat selama 20 sampai 30 menit. Aktivitas ini akan membantu kalian merasa segar.

5. Hindari kafein

Siapa yang tidak suka dengan kopi ataupun teh? Hampir semua orang yang bekerja mengawali aktivitas mereka dengan meminum dua minuman tersebut. Sayangnya, dua minuman itu mengandung kafein yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika berpuasa. Hal ini dikarenakan kafein dapat melukai perut dan membuat kalian mual.

6. Jaga kesehatan

Kenali tubuh kalian dengan lebih baik. Hindari gaya hidup tidak sehat, seperti mengonsumi makanan tidak sehat dan melakukan aktivitas nonproduktif. Jika tubuh kalian sehat, maka kalian dapat melewati semua tantangan dan bekerja dengan optimal.

7. Tingkatkan ibadah

Tips terakhir dan yang tidak kalah penting, yakni tingkatkanlah ibadah. Bagian terpenting dari Ramadan adalah ketaatan pada ibadah. Umat Islam akan berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala pada bulan suci ini. Jadi, beribadahlah dengan semua ketulusan dan keikhlasan hati.


(SYI)

Berita Terkait