Diajarkan Rasulullah, Ini 7 Adab Makan dan Minum yang Benar 

Makan dengan tangan kiri dilarang Nabi Muhammad (Gambar oleh LEEROY Agency dari Pixabay) Makan dengan tangan kiri dilarang Nabi Muhammad (Gambar oleh LEEROY Agency dari Pixabay)

Jakarta: Agama Islam mengajarkan adab yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk adab makan dan minum. Apabila adab tersebut diterapkan, seseorang akan mendapat kebaikan bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Adab makan dan minum telah tertuang dalam Al-Quran dan hadis. Selain mendapat pahala, menerapkan adab makan dan minum dengan benar juga bisa membuat hidup Anda menjadi lebih sehat.

Dilansir dari Oase.id, Syafri Muhammad Noor dalam bukunya Makan dan Minum Sambil Berdiri, Haramkah? menyebutkan setidaknya ada tujuh adab yang sudah diajarkan Rasulullah SAW. Ketujuh adab tersebut antara lain:

Baca juga: 5 Kiat Meredam Marah Menurut Islam, InsyaAllah Hati Cepat Tenang

1. Minum sambil duduk

Terdapat perbedaan pendapat dari para ulama terkait hukum makan atau minum sambil berdiri. Namun, secara medis telah disebutkan bahwa minum sambil duduk lebih baik dibanding sambil berdiri atau berbaring.

2. Mengucap basmalah

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah RA menyebutkan:

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia mengatakan Bismillah (menyebut nama Allah Ta’ala). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa akhirahu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).” (HR. Tirmidzi)

Baca juga: Hukum KB Menurut Pandangan Islam, Begini Penjelasannya

3. Makan dan minum dengan tangan kanan

‘Umar bin Abi Salamah berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah ‘bismillah’), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Tidak meniup makanan dan minuman

Rasulullah melarang umatnya meniup makanan dan minuman. Sebagaimana salah satu hadis Nabi Muhammad SAW dari Ibnu Abbas, bahwa dia berkata, “Rasulullah melarang meniup makanan.”

Sementara secara medis, mengutip Klikdokter, meniup makanan dapat mentransfer mikroorganisme berbahaya ke dalam makanan dan minuman tersebut. Sehingga, Anda berpotensi terkena penyakit. 

5. Minum dengan tiga tegukan

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian minum seperti minumnya hewan. Tetapi minumlah kalian dengan dua atau tiga kali, dan jika kalian minum sebutlah nama Allah (membaca basmalah), kemudian pujilah Dia (membaca hamdalah), ketika kalian mengangkatnya (selesai minum).” (HR. At-Tirmidzi)

Baca juga: Hukum Mengecat Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya

6. Menuangkan air ke gelas secukupnya

Manusia dianjurkan untuk menuangkan air ke gelas secukupnya saja. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA: 

“Rasulullah SAW melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya.” (HR. Bukhari)

7. Mengucapkan hamdalah

Setelah selesai makan atau minum, hendaknya mengucapkan hamdalah sebagai bentuk rasa syukur dan nikmat yang telah Allah SWT berikan. Hal ini juga dipraktikan oleh Rasulullah SAW.


(UWA)

Berita Terkait