Tak Cuma di Indonesia, Perayaan Maulid Nabi di Negara Ini Juga Meriah

Meriahnya perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Lahore, Pakistan. AFP Meriahnya perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di Lahore, Pakistan. AFP

CLICKS:  Tradisi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal ternyata tidak hanya ada di Indonesia. Ternyata, beberapa negara dengan mayoritas Muslim juga memeriahkan hari kelahiran Rasulullah.

Tim Clicks.id telah merangkum beberapa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai dunia. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasinya.

Pakistan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pakistan dikenal dengan mengibarkan bendera nasional Pakistan di gedung-gedung tertentu, dan memberi hormat 21 senjata atau hormat 31 senjata. Selain itu, bioskop di sana juga diwajibkan memutar film religi.

Negara ini juga dikenal memiliki perayaan Maulid Nabi terbesar pada malam 12 Rabiul Awal. Acara tersebut juga biasa dimeriahkan para selebritis.

Mesir

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Mesir berkaitan dengan tradisi Islam misti. Perayaan ala karnaval dan ibadah menghiasi jalan-jalan di Mesir.

Saat Maulid Nabi, toko-toko permen menyiapkan "pengantin Maulid" tradisional, sebuah patung yang terbuat dari pasta manis yang didandani dengan rok kertas, kerlap-kerlip, dan bunga kain menjadi boneka.

Boneka tersebut biasanya diberikan oleh pria untuk tunangan mereka bersamaan dengan manisan lainnya yang terbuat dari nougat, buah kering, serta kacang-kacangan.

Baca juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Siapakah Pencetusnya?

Afrika Selatan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Afrika Selatan (Afsel) memiliki tradisi sendiri. Di Afsel wanita Muslim dan anak-anak di Cape Town akan memakai baju terbaik untuk mengingat kebesaran Nabi Muhammad SAW.

Mereka mengenakan pakaian terbaiknya untuk mengikuti upacara Rampies, dengan memotong daun jeruk dan lemon yang nantinya direndam dalam air mawar.

Turki

Turki juga tidak ketinggalan untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW. Setiap tahunnya, warga di Turki merayakannya dengan tari darwis. Para penari darwis umumnya  tampil di Karabas Veli Darwis Lodge selama perayaan tersebut  di Kota Bursa, Turki.


(NAI)

Berita Terkait