Mengintip Koleksi Mobil Tangguh Soekarno, Buatan Amerika Hingga Rusia

Cadillac 1948 menjadi salah satu tunggangan Presiden RI pertama Soekarno (Foto / Istimewa) Cadillac 1948 menjadi salah satu tunggangan Presiden RI pertama Soekarno (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang menjabat pada awal periode 1945 sampai 1967. Tugas seorang presiden sangat padat sehingga perlu ditunjang kendaraan yang prima. Presiden pertama Soekarno mempunyai beberapa unit mobil yang digunakan saat bertugas di masa kemerdekaan. Mobil-mobil ini menjadi saksi dalam sejarah.

Berikut enam deretan mobil yang digunakan Soekarno pada zaman kemerdekaan

1. Buick 8

Kendaraan antik ini sebelum digunakan Soekarno, merupakan hasil rampasan pada masa zaman jajahan negara Jepang. Buick 8 hanya diproduksi 1.415 unit di dunia dengan dibekali mesin berkapasitas 5,2 liter, mobil ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 141 Hp pada 3.600 Rpm. Mobil bersejarah tersebut sampai sekarang masih tersimpan rapi di museum Gedung Joeang 45, Jakarta.

2. Chrysler Imperial

Mobil asal Amerika Serikat dengan berbasis limousine ini sering digunakan Soekarno dalam menjalankan aktivitas sebagai presiden RI. Limousine empat pintu tersebut mengusung mesin berkapasitas 5,2 liter yang menghasilkan tenaga 130 HP digerakan melalui transmisi manual 3 percepatan. Momen bersejarah mobil ini terjadi pada tragedi di Cikini yang merusak kaca belakang dan juga spakbor mobil tersebut. Mobil klasik ini juga selamat dan utuh dari ledakan granat yang dilemparkan seseorang tak dikenal.

3. Desoto 1942

Merek mobil klasik besutan Amerika Serikat ini yang berada di bawah naungan Chrysler Group ini diproduksi pada 1929 -1942 pada awalnya dimiliki seorang pengusaha bernama Johar Johor. Namun, setelah itu dihibahkan kepada negera. Lalu, mobil tersebut sering digunakan oleh wakil presiden RI yaitu Muhammad Hatta.

4. Chrysler Windsor Limo 1939-1966

Chrysler Windsor Limo diproduksi sebanyak dua kali pada 1939-1966. Sebelum digunakan Presiden Soekarno, mobil ini dikendarai pertama kali oleh Jenderal Sudirman. Setelah itu mobil tersebut digunakan Ir Soekarno untuk menunjang aktivitas kenegaraan. Mobil yang memiliki desain besar dan unik ini dibekali mesin bertenaga 114 HP dengan transmisi manual 4 percepatan.

5. Cadillac 1948

Mobil Amerika Serikat ini menjadi salah satu kendaraan presiden paling favorit dan sering digunakan. Mobil tersebut merupakan generasi ketiga yang dibekali mesin besar dengan konfigurasi V8 dengan kapasitas tenaga 5.700 cc.

6. Zill 111 Limo 1961

Mobil rakitan Rusia 1961 ini juga merupakan mobil yang sangat bersejarah. Tidak hanya desainnya yang antik tetapi pada eranya mobil ini memiliki top speed yang fantastis. Mobil ini bisa melaju hingga 170 km/jam.

 


(ADI)

Berita Terkait