Berbobot 1,1 Ton, Begini Potret Gesbi Sapi Kurban Jokowi

Gesbi menjadi salah satu sapi yang dipilih Jokowi untuk kurban Idul Adha (Foto / Istimewa) Gesbi menjadi salah satu sapi yang dipilih Jokowi untuk kurban Idul Adha (Foto / Istimewa)

LUMAJANG : Sapi jumbo di Lumajang terpilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun ini. Sapi itu bernama Gesbi, dengan berat 1,1 ton. Gesbi dirawat sejak umur lima bulan oleh Bahrowi Yahya dalam kandang di Desa Sumbersuko. Tiga tahun berselang, Gesbi bertransformasi menjadi sapi limosin cokelat yang terlihat tinggi dan kekar.

Bahrowi mengaku merawat sapi kesayangannya itu dengan perawatan yang khusus. Mulai dari menjaga nutrisi pakan hingga kebersihan kandang. Tak ayal, Gesbi memiliki postur tubuh yang proporsional dan terlihat bugar hingga berhasil terpilih sebagai salah satu sapi kurban presiden.

Untuk terpilih menjadi sapi kurban presiden, Gesbi telah melewati serangkaian pemeriksaan mulai dari sampel kotoran untuk mengetahui sapi bebas penyakit cacing, hingga pemeriksaan darah untuk mengetahui sapi bebas dari virus.

"Dulu mengajukan empat, yang kepilih satu. Prosesnya lama dari pengajuan ke dinas sini, ke provinsi, diseleksi lagi naik Setpres," kata Bahrowi.

baca juga : 842 Bacaleg di Jember Tidak Lolos Syarat Administrasi

Meski sedih, Bahrowi mengaku bangga salah satu sapinya terpilih menjadi sapi kurban presiden. Dia menyebut, sapinya itu dibeli seharga Rp115 juta. "Laku Rp115 juta, (harga) sudah sesuai. Senang, bangga, sapinya bisa kepilih," ujar Bahrowi.

Rencananya, Gesbi akan dikirim ke Masjid Al Akbar Surabaya. Dia akan disembelih di sana pada Hari Raya Idul Adha 1444 H mendatang.


(ADI)

Berita Terkait