Korban Banjir Bandang Jember Menjadi 3 Orang

Petugas membersihkan sisa banjir bandang Jember yang menyapu rumah warga (Foto / Metro TV) Petugas membersihkan sisa banjir bandang Jember yang menyapu rumah warga (Foto / Metro TV)

JEMBER : Banjir yang melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu 9 Januari 2022 menelan tiga korban jiwa dan merendam ratusan rumah warga. Total ada 440 rumah tergenang, 1.668 jiwa terdampak, tiga fasilitas umum terendam.

“Ada tiga kecamatan yang terdampak banjir kemarin, yakni Rambipuji, Kaliwates, dan Panti,” kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo, Senin 10 Januari 2022.

Tiga orang yang meninggal dunia adalah warga Panti, yakni dua pria bernama Sirat (50) dan Jamaluddin (54) dan seorang perempuan bernama Suliha (47). Suliha sempat hilang dan baru ditemukan di Pantai Pancer, Jember.

Rumah yang paling banyak terendam terdapat di Kaliwates, yakni 392 rumah dan satu musala. Mayoritas di Perumahan Bumi Mangli Permai. Sementara di Desa Rambipuji dan Rambigundam, Kecamatan Rambipuji, ada 48 rumah terendam.

Baca Juga : Korban Banjir Jember Jadi 2 Tewas, 1 Hilang

“Kami sudah melakmukan evakuasi dan mendistribusikan bantuan. Saat ini air sudah surut. Warga bersama sejumlah relawan dari berbagai elemen masyarakat melakukan pembersihan rumah,” kata Heru.

Kebutuhan mendesak warga antara lain alat kebersihan, peralatan mandi, air mineral, tikar, selimut, air bersih, sembako, dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten Jember mengirim alat berat untuk membersihkan material sungai yang berada di jalan. Banser Tanggap Bencana Gerakan Pemuda Ansor Jember menurunkan relawan di Bumi Mangli Permain.

“Kondisi paling parah di RW 013. Kalau dilihat dari sisa-sisa material, ketinggian air waktu banjir di sana lebih dari satu meter,” kata Komandan Banser Tanggap Bencana Gerakan Pemuda Ansor Jember Holidi Zein.


(ADI)

Berita Terkait