Mengenal Tanaman Hemlock Water Dropwort, Tanaman Beracun yang Bisa Membuat Orang Mati Tersenyum

Tanaman Hemlock Water Dropwort (Foto / Istimewa) Tanaman Hemlock Water Dropwort (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Hemlock Water Dropwort adalah tanaman beracun yang bisa membuat orang mati tersenyum. Hemlock water dropwort merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah lembab seperti sungai, danau, dan rawa-rawa. Tumbuhan ini disebut dengan seledri air, memiliki batang yang tinggi dan berongga seperti selederi pada umumnya, dilengkapi bunga-bunga kecil berwarna putih, dan juga memiliki aroma yang harum.

Tanaman hemlock water dropwort miliki racun oenanthotoxin pada akarnya dan racun diacetylenic epoxydiol pada bijinya. Racun tersebut bersifat meurotoksik atau menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan kejang-kejang. Seorang ahli botani bernama Leif Bersweden menyebutkan bahwa orang yang memakan hemlock water dropwort akan mengalami disfungsional tubuh, kejang, dan kematian dalam kurun waktu 24 jam.

Tidak hanya menyebabkan kematian saja, racun hemlock dapat menyebabkan otot wajah berkontraksi yang bisa membuat korban terlihat tersenyum saat meninggal. Senyum yang terlihat bukanlah senyuman yang manis, melainkan senyuman yang mengerikan, seperti menyeringai menahan kesakitan.

baca juga : Cegah Jerawat, Inilah Lima Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

Umumnya tanaman yang beracun memiliki rasa yang pahit atau memiliki rasa yang tidak nyaman untuk dikonsumsi. Uniknya hemlock memiliki rasa yang sedikit manis dan mirip dengan rasa parsnip. Parsnip adalah sejenis tanaman umbi yang berbentuk mirip wortel dan memiliki rasa yang manis.

Pada zaman Romawi kuno, hemlock digunakan dalam ritual pembunuhan orang tua yang dianggap menjadi beban masyarakat. Pada zaman tersebut, orang tua yang sudah tidak mampu mengurus dirinya sendiri akan dibuat mabuk dengan cara diberikan ramuan yang terbuat dari hemlock, lalu dibunuh dengan dengan dijatuhkan dari ketinggian atau dengan cara dipukul.

Kerap kali orang yang terkena racun hemlock dikarenakan mereka tidak sengaja mengonsumsi hemlock karena bentuknya yang mirip dengan tanaman lain. Akar hemlock mirip dengan parsnip, sejenis umbi dan daun hemlock mirip peterseli.

 


(ADI)

Berita Terkait