Inovasi Songkok Lukis Kartun Lampu LED Laris Manis

Songkok lukis LED yang dibuat Jefri laris manis (Foto / Metro TV) Songkok lukis LED yang dibuat Jefri laris manis (Foto / Metro TV)

GRESIK : Perajin songkok kekinian di sejumlah sentra perajin songkok di Gresik mulai kebanjiran pesanan untuk pemenuhan kebutuhan perayaan lebaran. Uniknya, songkok berkarakter serial kartun ini dilengkapi dengan lampu light emitting diode (LED).  Hal ini membuat songkok jenis ini hits dibandingkan songkok konvensional.

Adalah Muhammad Jefri. Warga Sindujoyo, Kecamatan Kota Gresik ini sengaja membuat songkok unik ini untuk memenuhi kebutuhan pasar. Di saat songkok konvensional tak lagi menjanjikan, ia pun berinovasi.

"Sengaja saya buat karakter, sebab memang songkok ini diperuntukkan untuk anak-anak," katanya.

Selain berinovasi, ia juga ingin mengenalkan budaya songkok kepada generasi muda sekarang. Beragam karakter songkok lukis pun diproduksinya. Mulai serial kartun, Marvel, Tayo, masjid, Doraemon, Spiderman hingga Upin Ipin.

Menurutnya, inovasi songkok dengan menyesuaikan selera pasar wajib dilakukan agar kelangsungan roda usaha tetap terjaga dan para pekerja tetap mendapatkan penghasilan.

Pandemi covid 19, sempat membuat usahanya terancam bangkrut. Namun berkat ketekunan, inovasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi membuatnya bisa bertahan hingga saat ini.

"Alhamdulillah songkok LED ini laris manis. Banyak yang suka," katanya.  

Sebelumnya, omset penjualan perajin songkok berkisar antara 10 kodi hingga 20 kodi saja perbulan. Namun, sejak menjelang bulan suci Ramadan omset pesanan terus melonjak hingga mencapai 80 - 90 kodi per bulan.

"Kalau untuk songkok lukis LED ini bisa lebih banyak," terangnya.

Untuk mendapatkan songkok lukis karakter anak yang unik ini, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp35 sampai Rp100 ribu. Selain sudah merambah ke sejumlah wilayah di Indonesia, songkok lukis anak ini juga menyebar hingga ke mancanegara.

 


(ADI)