Kurus Kok Diet, Boleh Nggak Sih?

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Kurus kok diet? Pertanyaan itu kerap muncul karena memang banyak orang menganggap diet hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang kelebihan berat badan (bertubuh gemuk) saja. Sebenarnya boleh ndak orang kurus diet?

Menurut dr. Amanda Dianky selaku Medical Scientific PT Kalbe Farma Tbk, orang bertubuh kurus pun juga perlu menerapkan program diet.

“Arti kata diet sebenarnya adalah makanan. Apakah orang kurus perlu diet? Jawabannya ya perlu diet sehat. Perlu mengonsumsi makanan yang memiliki benefit buat dirinya. Diet bukan hanya berarti untuk menguruskan badan tapi diet sehat untuk menjaga kondisi yang sekarang,” ujarnya.

Diet yang baik adalah diet yang tetap mengedepankan kebutuhan gizi. Kekurangan satu komponen gizi dapat memengaruhi metabolisme yang memberikan kerugian lebih besar untuk tubuh.

BACA: Tanpa Disadari, 10 Kebiasaan Buruk Ini Sebabkan Rambut Menipis

“Diet yang sehat adalah yang tetap makan lima komponen makanan karbo, protein hewani, nabati, sayur, dan buah harus tetap dimakan. Jangan ada satu golongan tertentu dihilangkan. Misalnya no karbohidat. Itu yang bikin kacau metabolisme dan sampai akhirnya memengaruhi siklus dari hormon,” papar dr. Amanda.

Menurut dr. Amanda penerapan diet yang salah pada perempuan bisa mengganggu siklus menstruasi. Tentunya ini adalah hal yang tak ingin terjadi pada kamu ya.

"Sebelum memulai diet kamu harus mencari motivasi yang bagus agar hasilnya konsisten. Kamu harus menyadari hasil baik dari program diet yang diterapkan pada tubuh. Jangan saat sudah mendapatkan tubuh yang ideal, kamu langsung tak ada motivasi lagi untuk melanjutkan gaya hidup yang sehat," tutupnya.   

 

 


(TOM)

Berita Terkait