Kecerdasan Anak Diturunkan dari Sang Ibu? Simak Penjelasan Ini!

Ilustrasi Anak dan Ibu/Sumber: Freepik Ilustrasi Anak dan Ibu/Sumber: Freepik

CLICKS: Sampai saat ini, banyak masyarakat yang percaya jika kecerdasan anak diwarisi dari sang ibu. Ini karena anak memiliki hubungan erat sejak masih dalam kandungan dengan sang ibu.

Kepercayaan tersebut tidak sepenuhnya salah. Dalam sebuah penelitian, sosok ibu cenderung mentransmisi gen kecerdasan ke anak yang terbentuk dari kromosom X. Wanita pada dasarnya memiliki dua kromosom X, sedangkan pria memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y.

Dengan penjelasan kromosom tersebut, anak akan memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mendapatkan kecerdasan dari sang ibu. Terutama pada anak laki-laki karena hanya memiliki satu kromosom X.

Tidak hanya faktor genetik dari ibu

Dihimpun dari berbagai sumber, selain faktor genetik tersebut, yang tidak kalah penting untuk menumbuhkan kecerdasan pada anak adalah faktor lingkungan. Sebab, 50 persen kecerdasan anak ditentukan oleh faktor lingkungan.  

Baca juga:  Sedang Tren, Ini Asal Muasal Joget Pargoy di TikTok

Selain genetik yang diturunkan, ternyata kecerdasan anak kelak ditentukan pada awal kehidupannya, yaitu saat tiga tahun pertama sang anak.

Namun, kecerdasan anak tentu tak boleh hanya dibebankan oleh sang ibu. Sebab, membesarkan anak sudah menjadi tanggung jawab kedua orang tua. Dengan begitu tidak benar jika kecerdasan anak diturunkan sepenuhnya dari gen ibu.

Itulah penjelasan mengenai kecerdasan anak yang diwarisi dari ibu. Semoga bermanfaat.


(NAI)