Gelar Pawai, 65 Suporter Jakmania Ditangkap

Aksi supoter Persija, Jakmania yang mengelar pawai tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Aksi supoter Persija, Jakmania yang mengelar pawai tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

JAKARTA: Sebanyak 65 orang suporter Jakmania ditahan polisi saat merayakan keberhasilan Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora 2021 di Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu malam 25 April 2021.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus merinci 65 orang yang diamankan terdiri dari 52 orang dewasa, 12 anak-anak, dan 1 perempuan.

Ia mengatakan mereka diamankan untuk dimintai keterangan terkait perayaan The Jakmania yang diduga melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun.

"Jadi, total semuanya 65 yang kita amakankan di Polda Metro Jaya untuk diambil keterangannya. Arahnya apakah ada yang memerintahkan untuk berkumpul atau ajakan berkumpul di Bundaran HI tersebut," kata Yusri di Jakarta, Senin 26 April 2021.

Yusri mengatakan setelah diperiksa, ke-65 orang tersebut mengaku hanya spontanitas datang ke Bunderan HI sebagai tempat perayaan.

"Mereka spontanitas dengan kemenangan Persija. Mereka berkumpul karena menganggap Bundaran HI itu ikonnya Persija. Setiap ada kemenangan akan berkumpul di sana," kata Yusri.

Setelah dimintai keterangan, pihaknya lalu memulangkan ke-65 orang tersebut secara bertahap. Ia mengatakan saat ini semuanya telah dipulangkan.

Meski demikian, Yusri mengatakan pihaknya, melalui Tim Siber, masih akan mendalami apakah ada pihak yang mengajak The Jakmania untuk berkumpul di Bundaran HI melalui media sosial.

Selain itu, jika diperlukan nantinya, polisi juga akan memanggil pengurus The Jakmania dan Persija untuk mendalami lebih lanjut terkait kerumunan itu.

"Beberapa orang akan kita ambil keterangannya, termasuk pengurus Jakmania. Kemungkinan ke depan kita panggil apa juga dari Persija. Nanti ini sambil menunggu hasil pendalaman penyidik," kata Yusri.

Sebelumnya, massa The Jakmania berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/4) hingga Senin (26/4) dini hari WIB merayakan keberhasilan Persija Jakarta di Piala Menpora 2021. Massa kemudian berkonvoi sepanjang jalan protokol, yakni dari Jalan Thamrin-Sudirman hingga kawasan Monas atau Jalan Medan Merdeka.

 


(TOM)

Berita Terkait