Final Piala Menpora; Persib Tantang Persija!

Selebrasi pemain Persib usai membobol gawang PSS. (lib) Selebrasi pemain Persib usai membobol gawang PSS. (lib)

JAKARTA: Duel bigmatch terjadi di partai final Piala Menpora antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta. Persib lolos ke partai puncak setelah di leg kedua semifinal kontra PSS berakhir imbang 1-1, Senin malam 19 April 2021

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, kedua tim sejak awal laga main berhati-hati. Selepas waterbreak kedua tim mulai bermain sedikit lepas.
 
Persib yang sudah unggul 2-1 di leg pertama dan hanya butuh hasil imbang, harus kehilangan gelandang mereka Dedi Kusnandar, yang sempat tak sadarkan diri dan harus ditandu ke luar lapangan. Tentu menjadi suatu kehilangan bagi skuat Rene Albert. Di pengujung laga, kiper utama PSS Ega Rizki juga mengalami cedera dan harus diganti.

Memasuki babak kedua, PSS Sleman yang membutuhkan kemenangan mulai menekan melalui Irfan Jaya. Peluang langsung didapat pemain lincah tersebut. Sayang tendangannya masih tepat dipelukan Bli Made Wiryawan.
 
Selang dua menit, Irfan kembali membuka peluang gol. Sayang tendangan bebasnya dari sisi kanan pertahanan Persib masih bisa di tepis Made Wiryawan.
 
Tersentak dengan kengototan permainan anak buah Dejan Antonic  pemain Persib mulai bangkit. Melalui skema permainan cepat cukup merepotkan lini pertahanan tim Elang Jawa. Imbasnya, permainan keras yang ditunjukkan Fabio Beltrame menjatuhkan Wonder Luiz berujung kartu kuning kedua alias kartu merah di menit 65..
 
Unggul jumlah pemain, Persib justru harus kecolongan lewat gol Saddam Ghaffar, striker muda PSS lewat tendangan voli kaki kiri di dalam kotak penalti. Pemain jangkung yang mencetak gol lewat sundulan di semifinal leg pertama itu sukses mengkonversi umpan lambung Syamsul Arifin. Skor 1-0, peluang PSS ke final kembali terbuka.
 
Untungnya Persib memiliki striker muda yang juga striker tim nasional Erza Walian. Sundulan tajamnya jelang 5 menit waktu pertandingan usai berbuah gol penyama kedudukan. Skor 1-1, namun Persib kembali unggul jumlah agregat menjadi 3-2.
 
Sejumlah peluang dari kedua tim terus terjadi, namun penyelesaian akhir yang terburu-buru tidak menambah gol di laga tersebut. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap 1-1 dan Persib yang berhak ke final.
 
Di final, Persib akan berjumpa dengan salah satu rival klasiknya, Persija Jakarta. Leg pertama digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Kamis, 22 April. Sementara leg kedua akan digelar di Stadion Manahan Solo pada Ahad, 25 April 2021

 


(TOM)

Berita Terkait