Bongkar Jembatan Ngaglik Lamongan, Dua Alat Berat Diterjunkan

Proses pembongkaran jembatan Ngaglik di Lamongan terus dilakukan (Foto / Metro TV) Proses pembongkaran jembatan Ngaglik di Lamongan terus dilakukan (Foto / Metro TV)

LAMONGAN : Proses pembongkarn terhadap jembatan Ngaglik 1 Lamongan yang ambles di Jalan Poros Nasional terus dilakukan. Selain pembongkaran, proses juga dilanjutkan dengan pemotongan besi di bagian lendutan jembatan.

“Iya, hari ini proses pembongkaran terhadap jembatan yang ambles dilanjutkan kembali dengan pemotongan besi dan pembersihan,” ujar Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Santoso, Rabu 30 Maret 2022.

Sejak tadi malam, pembongkaran jembatan ini dilakukan dengan menggunakan 2 alat berat yakni Hydraulic Breaker Excavator dan Crawler Excavator. Untuk membantu proses tersebut, para petugas juga memasang sejumlah lampu penerangan tambahan demi memperlancar penanganan.

Pada hari ini, menurut Aris, sisa-sisa jembatan yang telah dibongkar tersebut dibersihkan, sehingga proses perbaikan bisa segera digelar. “Pembersihan terhadap besi-besi di jembatan yang rusak dilakukan,” imbuhya.

Lebih lanjut, Aris mengungkapkan, jika pihak Sat Lantas Polres Lamongan masih memberlakukan sistem Contra flow di sekitar lokasi. Ia menyebut, hanya kendaraan pribadi dan roda dua yang diperbolehkan melintas, sementara jenis kendaraan berat dialihkan melalui jalur alternatif yang telah disediakan.

Baca juga : Perbaikan Jembatan Ambles Lamongan Ditargetkan Selesai Sebelum Idul Fitri

Aris juga meminta kepada para pengguna jalan untuk lebih waspada dan berhati-hati sembari memperhatikan rambu yang ada dan menggunakan jalur alternatif yang ditentukan sesuai jenis kendaraan.

“Selama perbaikan jembatan, pengguna jalan diimbau melewati jalur alternatif. Untuk kendaraan besar, bisa lewat jalur pantura Daendles Paciran, atau bisa melewati jalur selatan Jombang-Mojokerto. Sedangkan yang di dalam Lamongan Kota bisa lewat jalan raya Kedungpring-Sugio,” pungkasnya.

Pipa PDAM Bocor  

Proses pembongkaran dan penanganan jembatan Ngaglik 1 Lamongan mengakibatkan pipa PDAM yang berada di bawah jembatan bocor. Direktur PDAM Lamongan Ali Mahfud mengatakan pipa PDAM yang terimbas jembatan ambles ini merupakan pipa air yang berasal dari Babat. Pipa PDAM yang bocor ini berjenis AVC dan memiliki ukuran 10 dim.

“Pipa bocor barusan saja, karena tadi pagi belum (bocor), akibat terkena jembatan ambles dan juga guncangan alat berat yang beroperasi saat perbaikan,” ungkap Ali.

Bocornya pipa PDAM ini, kata Ali berakibat pada matinya air bersih ke pelanggan yang berada di wilayah Lamongan selatan dan di kawasan Made. Oleh sebab itu, petugas sedang melakukan perbaikan di lokasi. Perbaikan pipa ini, ditargetkan akan selesai sore nanti.

“Isya Allah nanti sore sudah selesai dan air akan kembali lancar,” tandasnya.


(ADI)

Berita Terkait