Ganjar Dapat Kans Suara Banyak di Jawa Timur Jika Gandeng Mahfud MD

Mahfud MD. Kemkominfo Mahfud MD. Kemkominfo

Jakarta: Sosok Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berpeluang mendulang elektabilitas bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo di wilayah Jawa Timur dan lingkungan warga Nahdliyin.

Menurut Direktur Eksekutif SCL Taktika Iqbal Themi, latar belakang Mahfud MD yang berasal dari Jawa Timur ditambah dia lulusan pesantren dan berasal dari rahim Nahdliyin dapat menyumbang kans suara banyak bagi Ganjar apabila dia meminangnya sebagai bacawapres.

“Secara geografis, Mahfud MD berasal dari Jawa Timur. Ini bisa menjadi faktor pendongkrak elektabilitas Ganjar di sana," tutur Iqbal dilansir dari Media Indonesia, Selasa, 19 September 2023.

Iqbal menambahkan, Jawa Timur merupakan basis terbesar bagi pemilih dari kalangan Nahdliyin. Dengan begitu sosok Mahfud MD dapat diperhitungkan untuk mendongkrak elektabilitas calon.

Suara pemilih terbanyak juga berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Syarat kemenangan capres apabila ingin unggul dalam pemilihan harus mampu menundukkan suara pemilih di sana.

“Capres-cawapres yang menang di minimal 2 dari 3 provinsi Jawa memiliki peluang besar mengamankan kemenangan Pilpres nasional,” pungkas Iqbal.


(SUR)

Berita Terkait