Mana yang Lebih Utama, Salat Tarawih Sendiri atau Berjamah?

Ilustrasi Ilustrasi


CLICKS.ID: Salat tarawih adalah salah satu keistimewaan pada Ramadan. Umat Islam melaksanakannya secara berjamaah di masjid atau sendiri di rumah.

Namun, masih sering jadi muncul pertanyaan. Mana yang lebih dianjurkan, salat tarawih berjamaah atau sendiri.

Apa itu tarawih

Salat tarawih merupakan salat khusus pada malam bulan Ramadan yang dilakukan setelah salat Isya. Ibadah ini bersifat sunah muakad atau sangat dianjurkan karena Rasulullah Saw kerap melakukannya selama hidup.

Berjemaah di masjid atau sendirian di rumah?

Para ulama memiliki perbedaan pendapat terkait bagaimana salat tarawih seharusnya dilakukan. Beberapa ulama menganggap salat tarawih secara berjamaah di masjid lebih utama. Ada pula yang mengatakan salat tarawih sendiri lebih baik. Lantas, mana yang sebenarnya lebih utama?

Salat tarawih berjamaah

Melansir Nu Online, Imam al-Syafi’i, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad bin Hanbal dan jumhur ulama Syafi’iyyah, serta sebagian pengikut Imam Malik berpendapat bahwa salat tarawih lebih utama dilakukan berjamaah.

Pendapat ini merujuk pada sejumlah alasan, antara lain:

Mengikuti perintah Umar bin Khatab RA sebagaimana hadis-hadis yang diriwayatkannya.
    
Melaksanakan amalan para sahabat RasulullahMelestarikan amalan kaum muslimin Timur dan Barat.Karena termasuk perbuatan mensyi’arkan Islam

Bahkan jika berdasarkan alasan-alasan di atas, Imam at Thahawi berpendapat salat tarawih berjamaah hukumnya wajib kifayah atau wajib dilakukan, namun kewajibannya akan gugur jika sudah dilakukan muslim lain.

Salat tarawih sendiri

Sementara itu, Imam Malik, Abu Yusuf dan sebagian kecil pengikut Syafi’iyyah menganggap bahwa salat tarawih lebih utama dilaksanakan sendiri tanpa berjamaah. Alasannya merujuk pada hadis Rasulullah Saw:

Artinya: “Hendaklah kalian manusia melaksanakan salat (sunah) di rumah kalian karena sebaik-baiknya salat adalah salat seseorang di rumahnya kecuali salat wajib.” (HR Bukhari Muslim)

Karena itu, Imam Malik lebih suka melakukan salat sunah sendiri di rumah. Imam Turmudzi, Imam Rabiah, serta beberapa ulama lain juga melaksanakannya sendiri di rumah.

Terlepas dari kedua pendapat tersebut, beberapa sumber menuliskan salat tarawih berjamaah memiliki keutamaan yang luar biasa. Tetapi, jika seorang Muslim sedang tidak memungkinkan untuk keluar rumah karena sakit, hujan, atau kondisi lainnya, maka salat tarawih dapat dilakukan sendirian di rumah.

 


(TOM)