Jelang Imlek, Puluhan Patung di Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri Disucikan

Umat tri darma klenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri membersihkan patung jelang Imlek (Foto / Metro TV) Umat tri darma klenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri membersihkan patung jelang Imlek (Foto / Metro TV)

KEDIRI : Jelang Imlek 2574 puluhan patung dewa-dewi di klenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri disucikan. Ada lebih dari 50 patung dimandikan, salah satunya yang tertua ialah Makco yang sudah berumur 200 tahun. Menurut kepercayaan Tionghoa, pembersihan patung ini merupakan pencerminan diri bagi manusia agar tidak lupa membersihkan hati.

Sebelum membersihkan dan mensucikan patung dewa-dewi, umat tri darma terlebih dahulu menggelar sembahyang Song Sen. Selain menggelar ibadah secara sederhana, Klenteng Tjo Hwie Kiong juga akan menggelar pertunjukan barongsai. Meski sederhana namun jalannya perayaan imlek tahun 2023 masih dapat dirasakan dengan khusyuk.

Prayetno Sutikno, Ketua Yayasan Klenteng Tjoe Hwei Kiong mengatakan di tahun kelinci air ini ia meminta kepada umat Tionghoa agar harus tetap waspada dan mawas diri.

"Karena sifat air bisa menghancurkan dan kita berharap di tahun kelinci air semakin baik dari tahun lalu akibat pandemi," terangnya.

baca juga : Soal Sidang Kanjuruhan, Mahfud MD : Terbuka atau Tertutup Terserah Hakim


(ADI)

Berita Terkait