5 Laga Bersejarah Inggris vs Jerman: Gol Hantu Hingga Bocah Ajaib Owen!

Micheal Owen, lengenda striker Inggris (ist) Micheal Owen, lengenda striker Inggris (ist)

CLICKS: Duel Inggris vs Jerman menjadi pertandingan paling dinanti di babak 16 besar EURO 2020, m ini. Maklum, pertemuan dua kutub sepakbola benua biru itu selalu penuh drama.
 
Total sepanjang sejarah, duel Inggris vs Jerman sudah terjadi 32 kali diberbagai ajang. Ada yang berakhir mencekam, tragis hingga sensional. Yuk kita kenang, 5 laga Inggris vs Jerman yang tak terlupa sepanjang masa:

1. Final Piala Dunia 1966

Final Piala Dunia 1966 menjadi pertandingan lengendaris sepajang sejarah sepakbola. Saat itu Inggris menghadapi Jerman yang masih bernama Jerman Barat di Stadion Wembley, London.

Laga  berlangsung seru. Inggris hampir menang 2-1, tapi Jerman mencetak gol penyeimbang 2-2 tepat pada menit terakhir memaksa perpanjangan waktu.

Memasuki tambahan, kontroversi terjadi. Tendangan keras Geoff Hurst yang membentur mistar gawang Jerman dan memantul ke tanah disahkan wasit sebagai gol atas masukan hakim garis Tofiq Bahramov.

Orang-orang Jerman murka dan menyebutnya sebagai phantomtor alias ‘gol hantu’. Hurst lantas membawa Inggris menang 4-2 dengan gol pada menit ke-120 sekaligus untuk pertama kalinya menjadi juara dunia.

2. Perempat Final Piala Dunia 1970

Setelah kalah menyakitkan pada final Piala Dunia 1966, Jerman kembali bersua dengan  Inggris pada edisi Piala Dunia berikutnya di Meksiko. Kali ini, Die Mannschaft bersua The Three Lions pada babak perempat final.

Meski gol hantu sudah empat tahun berlalu, ada kesumat dendam yang bersemayam di dada Franz Beckenbauer cs. Dendam itu berhasil dituntaskan lewat pertandingan dramatis.

Jerman sempat tertinggal 0-2.  Namun, Jerman bangkit melalui gol Franz Beckenbauer dan Uwe Seeler menyamakan kedudukan. Di babak perpanjangan waktu, Gerd Mueller memastikan kemenangan  Jerman 3-2.  Sejak saat itu muncul julukan Jerman Tim Diesel, makin lama makin panas!

3. Semifinal EURO 1996

Duel Inggris vs Jerman di Semifinal Piala Eropa 1996 juga tak bisa dilupa.  Dengan slogan Football is coming home, Inggris yang menjadi tuan rumah EURO 1996.

Namun semangat Inggris mengusung kejayaan 30 silam  buyar di tangan Jerman. Inggris sempat mencetak gol cepat lewat Alan Shearer ketika laga baru  3 menit. Namun, 13 menit kemudian, Stefan Kuntz membuat gol penyama kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga 120 menit.

Laga harus diakhiri adu penalti! Jerman menang 6-5 setelah eksekusi Gareth Southgate yang saat ini menjadi pelatih Inggris digagalkan Andreas Koepke.  Sementara Andreas Moeller memperdaya David Seaman di tendangan penalti terakhir.

4. Kualifikasi Piala Dunia 2002

Kemenangan sensasional digoreskan Inggris saat mengadapi Jerman pada babak kualifikasi Piala Dunia 2002. Bertandang ke kandang Jerman,  Stadion Olimpiade, Munich, The Three Lions menang besar 5-1.

Sepanjang sejarah pertemuan Inggris vs Jerman, hasil ini adalah rekor kemenangan terbesar. Bagi The Three Lions, kemenangan besar itu jadi balasan setelah laga sebelumnya dipermalukan Jerman 0-1 di Stadion Wembley sebelum dihancurkan dan diganti dengan stadion baru.

Di laga ini juga dihiasi aksi sensasional striker mungil Inggris, Michael Owen. Penyerang Liverpool itu mencetak hattrick!

5. Babak 16 Besar Piala Dunia 2010

Pertemuan terakhir Inggris vs Jerman pada turnamen besar tersaji pada babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Skor akhir 4-1 untuk kemenangan Jerman.

Bukan kekalahan telak itu yang diingat. Namun ada insiden pada menit ke-38 ketika Inggris tertinggal 1-2.  Bola tembakan keras Frank Lampard membetur mistar dan memantul di dalam gawang Jerman.

Namun, Manuel Neuer cekatan mengambilnya. Wasit Jorge Larrionda tak mengesahkannya jadi gol. Publik Inggris meradang dan memutar berulang video insiden itu. Semua sepakat jika bola sudah masuk, alias gol! Andai disahkan, kedudukan jadi 2-2 dan hasil akhir mungkin berbeda.

Nah, itulah deretan kisah klasik duel Inggris vs Jerman. Adakah drama baru yang terjadi malam nanti, kita tunggu bersama...

 

 


(TOM)

Berita Terkait