Kelas Dunia, Stadion GBT Dipasang Lampu Berbobot 1,2 Ton

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (ist) Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (ist)

SURABAYA: Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jawa Timur, terus bersolek menyambut gelaran Piala Dunia U-20, pada 2021 mendatang

Terbaru, lampu stadion berstandar FIFA mulai dipasang di stadion berkapasitas 60 ribu penonton ini. Bobot total lampu Stadion GBT tersebut sekitar 1,2 ton

"Saya suruh nambahi beberapa fasilitas lain untuk melengkapi itu," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Rabu 29 Juli 2020.

Ditambahkan Risma, ada beberapa pekerjaan yang dilakukan di GBT, seperti akses untuk pemain, media, ofisial dan penonton. Renovasi terbaru yang sedang dikerjakan Pemkot Surabaya adalah pengecatan tribun dan pemasangan lampu sesuai standar FIFA.
 
Selain itu, lanjut dia, jalan menuju stadion GBT Surabaya terus dikerjakan melalui beberapa akses. "Bahkan, akses dari TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menuju stadion juga sudah tembus," ujarnya.
 
Sementara Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya, Iman Krestian, mengatakan  Wali Kota Risma juga memberikan beberapa arahan untuk pemasangan lampu stadion sesuai standar FIFA.
 
"Kita sedang melakukan pemasangan lampu yang 2.400 Lux, sehingga Bu Wali meminta kami untuk berhati-hati. Sebab, bobot total lampu tersebut sekitar 1,2 ton," ujarnya.

Sebelum dipasang,  untuk mengetahui dan mengecek struktur bangunan tempat pemasangan lampu itu, pihaknya mengundang tim ITS dan juga mengundang kontraktor spesialis yang dulu menggarap proyek tersebut.
 
"Tujuannya supaya melakukan pengecekan terkait perhitungan-perhitungan yang mereka lakukan sebelumnya. Jadi, sekarang pemasangannya sudah berlangsung sambil dilakukan penguatan-penguatan. Karena lampunya sudah datang, akhirnya tinggal pasang, perkiraan mungkin 2 bulan selesai," katanya.

 


(TOM)

Berita Terkait