295 Ribu Anak di Kabupaten Malang Ditargetkan Terima Vaksinasi Polio

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat meninjau pelaksanaan imunisasi polio di SDN Kauman 2 Kota Malang, Senin 15 Januari 2024. Dokumentasi/ Pemkot Malang. Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat meninjau pelaksanaan imunisasi polio di SDN Kauman 2 Kota Malang, Senin 15 Januari 2024. Dokumentasi/ Pemkot Malang.

Malang: Sebanyak 295.751 anak usia 0-7 tahun di Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan diberi imunisasi polio mulai pekan ini. Pemberian imunisasi ini dilakukan dalam rangka kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

"Satu kali vaksinasi itu dua tetes vaksin polio ditaruh di mulut,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Wiyanto Wijoyo dikutip dari Medcom.id pada Kamis, 18 Januari 2024.

Wiyanto menjelaskan, Sub PIN Polio bakal dilaksanakan dalam dua putaran, yakni pada 15-21 Januari 2024 dan 19-24 Februari 2024. Kebutuhan vaksin polio didapat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.

“Pelaksanaan hanya dua kali. Kita akan berkoordinasi. Namun jika ada kekurangan akan dikasih (ditambah),” jelasnya.

Wiyanto memastikan vaksinasi polio ini akan dilaksanakan di seluruh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di Kabupaten Malang. Seperti puskesmas, posyandu, hingga lembaga pendidikan mulai dari PAUD, TK hingga tingkat Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta.

“Kita sediakan di sekolah dan faskes, melalui bantuan semua elemen masyarakat dari kepala desa, bidan desa, ibu-ibu PKK,” ungkapnya.

Di sisi lain, Wiyanto menegaskan, pihaknya belum mendeteksi adanya kasus polio di Kabupaten Malang. Meski begitu, Dinkes Kabupaten Malang tetap melakukan upaya mitigasi sebelum ditemukannya kasus penyakit menular tersebut.

“Tidak ada, aman-aman saja di Kabupaten Malang. Tetapi, berdasarkan epidemiologi, perlu disikat semuanya. Supaya virus itu tidak menular. Kalau menular ya nanti lumpuh layu. Bayi anak yang kakinya (tidak normal) kan kasian,” jelasnya.

Sementara itu di Kota Malang, ada sebanyak 100.380 anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 yang menjadi sasaran program Sub PIN Polio. Imunisasi polio ini akan diberikan kepada anak tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar memastikan putra putrinya memperoleh imunisasi rutin polio lengkap sesuai usia serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," kata Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Senin 15 Januari 2024.


(SUR)

Berita Terkait