Mengeliat, Kontes Ikan Chana di Kota Blitar Diikuti Ratusan Peserta

Kontes Ikan Chana di Kota Blitar/metrotv Kontes Ikan Chana di Kota Blitar/metrotv

BLITAR: Penghobi ikan hias terus mengeliat. Salah satunya ikan jenis predator. Terlihat dari ratusan peserta yang mengikuti Kontes Ikan Chana di Kota Blitar, Jawa Timur.

Bertempat di salah satu pusat perbelanjaan, kontes ikan chana diikuti 254 peserta dari berbagai kota. Penghobi ikan yang biasa dikenal dengan ikan gabus tersebut diantaranya datang dari Tuban, Lumajang, Malang, Kediri, Ponorogo, dan Surabaya.

Terdapat 6 jenis ikan chana yang di perlombakan  dalam kontes ini. Yakni yelow progres, red progres, andrau, asiatika, limbata, dan blukra.

Salah satu peserta asal Lumajang, M.Ardik mengatakan, dalam ajang kontes kali ini dirinya membawa sekitar 5 ekor ikan chana.

BACA: Ekstrak Bunga Magnolia Bisa Atasi Kerutan Hingga Jerawat

"Dalam perawatanya menjelang acara kontes, ikan wajib diberikan nutrisi yang cukup dan menjaga kebersihan air, " ujarnya.

Sementara untuk penilaian, salah satu juri Ziko Zefana menjelaskan ada beberapa  beberapa faktor yang mempengaruhi. Diantaranya adaptasi, mental, warna, proporsi dan anatomi ikan.

"Ikan pemenang hasil kontes harganya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah, "

Selain untuk ajang unjuk gigi para penghobi ikan chana, kontes ini digelar untuk mengenalkan ikan jenis chana yang memiliki nilai jual tinggi pada ikan ini.

 


(TOM)

Berita Terkait