Beredar Madu Palsu, Ini Cara Membedakannya dengan yang Asli

Madu merupakan salah satu pemanis alami terbaik/Medcom.id Madu merupakan salah satu pemanis alami terbaik/Medcom.id

Clicks: Kebanyakan orang mengonsumsi madu sebagai pengganti gula. Madu merupakan salah satu pemanis alami terbaik. Rasa manis ini berasal dari nektar bunga yang diambil oleh lebah madu. Madu juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.

Madu sangat diminati oleh masyarakat karena khasiatnya. Namun, sangat disayangkan terdapat beberapa oknum yang sengaja memanfaatkan hal ini dengan mengedarkan madu palsu. Salah satunya yang sedang viral belum lama ini, Kepolisian Daerah (Polda) Banten berhasil membongkar pabrik produksi madu palsu khas Lebak, Banten.

Masyarakat tentunya resah dengan penemuan ini. Lantas, bagaimana mengetahui keaslian dari madu yang kita beli? Dilansir dari food.ndtv.com, berikut cara yang dapat dilakukan untuk membedakan madu asli dan palsu.

1. Tes ibu jari

Letakkan sedikit madu pada ibu jari Anda dan cek apakah madu menyebar ke permukaan lain ibu jari Anda. Jika iya, kemungkinan madu tidak asli. Madu asli memiliki tekstur yang kental, sedangkan madu palsu berair. Madu asli akan lengket pada permukaan ketika diaplikasikan dan tidak menetes.

2. Tes air

Ambil sesendok teh madu dan masukkan ke dalam gelas yang sudah terisi air. Madu palsu akan larut dalam air, sedangkan madu asli yang memiliki tekstur lebih kental akan menetap di dasar gelas. Sama halnya dengan yang terjadi pada kertas penyerap noda atau kain putih. Jika Anda tuangkan madu asli pada keduanya, madu tidak akan terserap atau meninggalkan noda.

3. Tes api

Siapa sangka ternyata madu asli mudah terbakar. Ambil batang korek api kering dan celupkan ke dalam madu. Jika ketika dinyalakan, batang korek api terbakar, maka madu asli. Sebaliknya, apabila batang korek api tidak terbakar, madu Anda berarti palsu. Yang perlu dicatat adalah lakukan tes ini dengan hati-hati agar tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Gunakan cuka

Campurkan sesendok teh madu, air dan dua sampai tiga tetes cuka. Jika campuran ini berbusa, kemungkinan besar madu Anda tidak asli.

5. Uji panas

Madu asli akan cepat terkaramelisasi dan tidak berbusa ketika dipanaskan. Sedangkan ketika Anda memaskan madu palsu, madu tidak terkaramelisasi dan menjadi bergelembung.

Sekian sejumlah tes yang dapat Anda praktikkan di rumah untuk mengetes apakah madu yang Anda beli asli atau palsu. Perlu diingat, madu palsu dapat menyebabkan diabetes, kencing manis, dan keracunan hingga dapat menyebabkan kematian.

Dengan begitu, belilah madu ke penjual yang sudah tepercaya atau berpengalaman. Jangan sampai niat baik untuk menjaga kesehatan justru membuat Anda terkena penyakit.

 

 


(SYI)

Berita Terkait