Imbang, Prancis dan Portugal Melenggang

Ronaldo dan Benzema usai pertandingan. (espn) Ronaldo dan Benzema usai pertandingan. (espn)

CLICKS: Portugal dan Prancis akhirnya sama-sama melenggang ke babak 16 besar setelah bermain imbang  2-2  di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis 24 Juni, dini hari, WIB.

Laga ini menjadi panggung megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan striker Prancis, Karim Benzema. Keduanya mencetak dua gol.

Portugal unggul lebih dulu lewat titik putih di menit 31. Penalti diberikan wasit usai Hugo Lloris melanggar Danilo di kotak terlarang.

Wasit Antonio Mateu Lahoz dari Spanyol sempat meninjau VAR sebelum memberikan penalti.  Eksekusi yang dilakukan Cristiano Ronaldo sukses. Skor 1-0 untuk Portugal.

BACA:  Gol Menit Akhir Selamatkan Jerman

Prancis membalasnya di menit 45+2 juga lewat titik putih. Penalti diberikan karena Kylan Mbappe dilanggar Samedo di kotak penalti. Lagi-lagi harus ditinjau lewat VAR sebelum dilakukan penalti. Eksekusi Karim Benzema berakhir mulus. Skor 1-1 hingga turun minum.

Babak kedua, Portugal berinisiatif menyerang. Tapi di menit 47, Prancis berbalik unggul setelah mencetak gol kedua. Benzema kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol berawal dari terobosan dan Benzema sukses menaklukkan Rui Patricio. Skor 1-2 untuk Prancis. VAR juga menjadi penolong karena posisi Benzema memang tidak offside.

Respons cepat dilakukan Portugal. Umpan jauh Jota kepada Ronaldo nyaris berbuah gol. Sayang sundulan Ronaldo masih tipis di sisi kiri Lloris.

Gol penyama kedudukan akhirnya terjadi di menit 60. Lagi-lagi lewat eksekusi penalti Ronaldo. Berawal dari aksi Ronaldo yang mengejar bola sampai pertahanan Prancis. Sapuan bola Ronaldo ke arah gawang menyentuh tangan Corentin Tolisso. Eksekusi Ronaldo sukses, skor 2-2.

Setelahnya Prancis mendapat sejumlah peluang melalui Pogba dan Griezmann. Penampilan cemerlang Rui Patricio di bawah mistar gawang Portugal menggagalkannya menjadi gol.

Hingga peluit panjang ditiup, skor tetap 2-2 untuk kedua tim. Dengan hasil tersebut Prancis dan Portugal sama-sama lolos ke babak 16 besar. Les Bleus sebagai juara grup dengan poin 5, hasil 1 menang 2 imbang. Sementara Portugal menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dengan poin 4, Hasil 1 menang 1 imbang dan 1 kalah.

Sementara satu wakil lagi dari Grup F, Jerman berhak lolos dengan poin 4 sebagai runner up. Jerman pada waktu bersamaan ditahan imbang Hungaria 2-2. Anak asuh Joachim Low unggul selisih gol dari Portugal.

 


(TOM)

Berita Terkait