Warga di Nganjuk Meriahkan Malam Tahun Baru Islam dengan Atraksi Sepak Bola Api

Atraksi lompat api menjadi salah satu kegiatan yang digelar untuk memperingati malam tahun baru Islam di Nganjuk (Foto / Istimewa) Atraksi lompat api menjadi salah satu kegiatan yang digelar untuk memperingati malam tahun baru Islam di Nganjuk (Foto / Istimewa)

NGANJUK : Warga Desa Kalianyar, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, menggelar atraksi sepak bola api, Selasa 18 Juli 2023 malam. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyah. Ratusan warga antusias menyaksikan jalannya atraksi di lapangan Desa Kalianyar tersebut.

Mereka terlihat bersorak saat para peserta saling serang dan menggiring bola api ke arah gawang. Tawa mereka juga terdengar kencang begitu ada salah satu pemain yang jatuh. Sementara itu, para pemain juga terlihat sangat menikmati atraksi tersebut. Meski bara api sangat panas, mereka terlihat tidak takut atau kepanasan.

"Apinya panas. Tapi enggak apa-apa. Sebab, peserta ini kan pendekar silat, jadi tahu tekniknya. Seru sekali. Kegiatan ini sudah digelar setiap tahun, saat malam tahun baru Islam," kata salah seorang peserta atraksi sepak bola api, Rizal.

baca juga : Cerai, Pasutri Kediri Kompak Robohkan Rumah yang Baru Dibangun

Kepala Desa Kalianyar, Kecamatan Ngornggot, Joko Murtejo, mengatakan, atraksi sepak bola api digelar untuk memeriahkan tahun baru Islam. Selain itu, dia juga berharap masyarakat, terutama anak-anak mengenal tahun baru Islam.

"Selama ini, warga tahunya hanya tahun baru Masehi. Karena itu, ini momentum untuk mengenalkan tahun baru Islam kepada mereka," tuturnya.

Selain sepak bola api, pada kegiatan malam tahun baru Islam ini warga juga dihibur dengan atraksi lompat lingkaran api.

 


(ADI)

Berita Terkait