Mengintip Keseruan Komunitas Robot Gundam Malang

Kolesks robot gundam yang berhasil dirakit Komunitas Gundama Malang (Foto / Metro tv) Kolesks robot gundam yang berhasil dirakit Komunitas Gundama Malang (Foto / Metro tv)

MALANG : Generasi era tahun 80 hingga 90an tentu tak asing dengan  serial kartun robot gundam. Kartun ini merupakan serial favorite anak-anak zaman itu pada Minggu pagi. Namun siapa sangka, pecinta robot gundam tersebut hingga kini masih eksis. Tak hanya menonton kembali film klasik tersebut, tetapi juga membentuk komunitas pecinta model kit robot gundam.

Ruangan di lantai 2 sebuah kafe bertema hobi di Bilangan Jalan Cokelat Kota Malang ini menjadi markas utama puluhan anggota komunitas pecinta robo gundam atau gundama Kota Malang. Melalui sejumlah akun media sosial,  gundama sudah mengikat ribuan orang anggota. 

Sebagian besar diantara mereka, bukanlah anak kecil yang baru saja belajar naik sepeda. Namun justru pemuda dan orang dewasa yang pernah merasakan menonton serunya serial anime robo gundam di layar kaca tiga dekade lalu. 

Disini, mereka menyalurkan hobi mengumpulkan model kit dan pernak pernik robo gundam. Mereka  juga bertukar ide di setiap tahapan membangun ribuan bagian plastik dan metal menjadi sebuah robot gundam dalam skala bervariasi. 

Selain menjadi cara bernostalgia dan juga hobi,  bermain robot gundam juga dapat menjadi investasi jangka panjang karena nilainya  terus naik di pasaran. Di pasaran, model kit robot gundam asli  dibanderol kisaran  Rp 85 ribu hingga jutaan. 

"Dipastikan harga robot gundam sebelum dan sesudah dirakit di pasaran mengalami peningkatan. Nilai tersebut dapat melonjak tajam jika tipe robot yang dimiliki merupakan barang langka dan sudah tidak diproduksi lagi," ungkap Senior Gundam Malang, Prasteya Hani. 

Besaran rupiah ini juga dapat berlipat ganda jika robo gundam yang dihasilkan adalah rakitan custom atau perpaduan sejumlah tipe berbeda dan menjadikannya jenis baru. Namun besaran modal tersebut dirasa sebanding dengan kecintaan mereka terhadap figur pahlawan di masa kecil. 

"Dulu, memiliki action figur atau model kit gundam seperti menjadi mimpi yang tidak bakal terwujud. Namun kini, harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan dapat diperoleh dengan berbagai cara  mulai dari membeli langsung atau barter antar anggota," terangnya. 

Selain menggelar kopi darat 1 bulan sekali, Gundama Malang juga kerap menggelar pertemuan pecinta gundam regional Jatim dan nasional termasuk menjuarai sejumlah kontes robot gundam yang ada. 


(ADI)