Ilmuan Ini Ciptakan Robot Mikroskopik, Mampu Masuk Pembuluh Darah Manusia

Penampakan robot mikroskopik (Foto / Istimewa) Penampakan robot mikroskopik (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Robot dengan ukuran mini mungkin sudah sering dijumpai. Namun ilmuan dari Cornell University berhasil menciptakannya dalam versi yang lebih advance. Seperti dilansir dari Engadget, Senin 26 September 2022, mereka sukses merancang robot dengan ukuran mikroskopik tidak lebih dari 250 mikrometer. Menariknya, robot ini bisa bergerak sendiri tanpa remot kontrol.

Robot bisa menggerakan kakinya yang berjumlah enam buah dengan sangat mulus. Triknya adalah dengan membangun sirkuit semikonduktor oksida logam komplementer atau CMOS, seperti yang dikenal oleh para penggemar komputer yang sinyalnya menghasilkan frekuensi gelombang persegi fase-geser yang mengatur kiprah kaki robot berbasis platinum.

Kemudian Fotovoltaik mengontrol kedua kaki dan sirkuit. Desainnya sendiri cukup kompleks hanya dengan 1.000 transistor yang mana GeForce RTX 4090 memiliki 76,3 miliar. Meski demikian, Penemuan ini masih jauh dari robot otonom skala besar yang lebih canggih. Tapi dengan ukurannya yang sangat kecil, robot masih bisa bergerak maju secara mandiri, tidak seperti yang lain.

Baca juga : Biar Tetap Segar, Ini 7 Kiat Merawat Tanaman dalam Ruangan

Para peneliti melihat ini sebagai permulaan. Mereka percaya robot mikro masa depan sangat penting untuk perawatan kesehatan. Di mana mereka dapat melakukan operasi internal dan membersihkan pembuluh darah. Di bidang lain, mereka dapat mendeteksi bahan kimia dan menghilangkan polutan.

Robot seperti inikemungkinan akan memiliki kemampuan maksimal beberapa tahun ke depan. Tapi proyek ini menunjukkan bukanlah hal yang mustahil.


(ADI)

Berita Terkait