Bersihkan Desa dari Pandemi, Warga Pesisir Pacitan Gelar Larung Sesaji

 Puluhan warga Desa Jetak, Kecamatan Pacitan di pinggir pantai Pidakan. (metrotv) Puluhan warga Desa Jetak, Kecamatan Pacitan di pinggir pantai Pidakan. (metrotv)

PACITAN: Puluhan warga pesisir di Pacitan, Jawa timur menggelar acara larung sesaji sebagai ritual tolak bala untuk membersihkan desa dari pandemi covid-19. Ritual tersebut merupakan tradisi warga yang dilakukan dengan cara melarung tumpeng ke tengah laut.

Larung sesaji ini digelar puluhan warga Desa Jetak, Kecamatan Pacitan di pinggir pantai Pidakan, Jumat 23 Juli 2021. Sebanyak 47 tumpeng dipersiapkan oleh warga sejak pagi hari.

Setelah melakukan berbagai ritual membakar dupa dan berdoa, acara larunagan lalu dilaksanakan.  Sebanyak 47 tumpeng diletakkan di atas rakit ini kemudian di bawa ke tengah laut untuk dihanyutkan.

BACA: Bahagia, Siswa Tunanetra Diajak Kapolres Trenggalek Naik Mobil Patroli Keliling Kota

Sesepuh desa, Sopingi mengatakan kegiatan larung sesaji ini dilakukan lantaran pandemi covid 19 yang tidak kunjung selesai.

"Ini merupakan upaya yang dilakukan warga agar wabah segera berlalu, sehingga masyarakat desa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dijauhkan dari marabahaya, " ujarnya.

Karena digelar di tengah pandemi, acara larung sesaji ini dilakukan dengan protokol kesehatan. Tidak hanya mengenakan masker, warga juga saling menjaga jarak.

 


(TOM)

Berita Terkait