Gelar Karya Bakti, TNI Tanam Pohon hingga Tanam Pohon di Jember

Kegiatan karya bakti Kodim 0824 Jember membersihkan selokan yang tersumbat di Kelurahan Wirolegi, Kabupaten Jember, Kamis (7/12/2023). ANTARA/HO-Kodim 0824 Kegiatan karya bakti Kodim 0824 Jember membersihkan selokan yang tersumbat di Kelurahan Wirolegi, Kabupaten Jember, Kamis (7/12/2023). ANTARA/HO-Kodim 0824

Jember: TNI bersama sejumlah instansi dan masyarakat melakukan kegiatan karya bakti di Kabupaten Jember. Kegiatan sengaja digelar untuk menghadapi potensi banjir dan wabah saat musim hujan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah membersihkan selokan sepanjang 400 meter di Lingkungan Sumberejo, Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari. Pembersihan selokan ini dilakukan oleh Kodim 0824/Jember.

"Kegiatan bersih-bersih selokan, bersih-bersih pasar, pemberantasan sarang nyamuk, penanaman pohon dan lain-lain selalu kami lakukan untuk mencegah terjadinya banjir dan munculnya penyakit," kata Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso dikutip dari Antaranews.com pada Kamis, 7 Desember 2023.

Karya bakti TNI dilakukan serentak di seluruh Kodim se-Indonesia. Kegiatan dilakukan sesuai petunjuk dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjutak.

Rahmat menjelaskan bahwa setiap wilayah Koramil memiliki tugas yang berbeda sesuai tipologi wilayahnya. 

Wilayah perbukitan fokus pada penanaman pohon, wilayah perkotaan melakukan pembersihan pasar, dan wilayah yang rentan banjir fokus pada pembersihan aliran sungai. 

Kegiatan karya bakti ini melibatkan muspika, unsur terkait, dan partisipasi masyarakat dengan tujuan mencegah banjir dan penyakit.

Camat Sumbersari, Regar Jeane DN, mengapresiasi karya bakti TNI. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah banjir dan penyakit di wilayah kelurahan. 

Regar juga menyoroti kegiatan seperti pembersihan sungai, pasar, dan penanaman pohon merupakan bukti kekuatan TNI bersama rakyat. 

Kegiatan karya bakti TNI di Jember melibatkan berbagai unsur. Diantaranya TNI dari Kodim 0824/Jember, Polres Jember, Satuan Polisi Pamong Praja, Tagana, perangkat kelurahan, dan masyarakat setempat.


(SUR)

Berita Terkait