Sambut Nyepi, Pemkab Surabaya Mulai Pasang Ornamen Cantik

Tampak dari samping ornamen yang dipasang Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya berbentuk Pura dan Ogoh-ogoh di depan halaman Balai Kota, lengkap dengan pernak-pernik, mulai janur, motif kain poleng, dan tedung atau pajeng (payung), Rabu (8/3/2023). Foto: Tampak dari samping ornamen yang dipasang Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya berbentuk Pura dan Ogoh-ogoh di depan halaman Balai Kota, lengkap dengan pernak-pernik, mulai janur, motif kain poleng, dan tedung atau pajeng (payung), Rabu (8/3/2023). Foto:

Surabaya: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 jatuh pada hari Rabu, 22 Maret 2023. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai memasang dekorasi di halaman Balai Kota dan Balai Pemuda Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur. 

Pemasangan ornamen itu dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur. Bentuknya berupa pura dan ogoh-ogoh yang lengkap dengan pernak- perniknya.

"Kalau di Balai Kota, itu bentuk hiasannya pura dan ada gapuranya, serta ogoh-ogoh yang dikelilingi ikan Sura dan Buaya. Sedangkan yang ada di Balai Pemuda, itu hanya ada gapura dan ogoh-ogoh," kata Hebi, dikutip dari Suara Surabaya, Kamis, 9 Maret 2023. 

Selain itu, di Monumen Bambu Runcing Jalan Panglima Sudirman, Jawa Timur, rencananya akan dihiasi ornamen serupa bernuansa hijau. Namun, masih dikoordinasikan dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Surabaya.

"Tidak asal pasang ini, kita juga harus mendapat persetujuan ketika memasang dekorasi ini. Oleh karena itu, kami konsultasikan terlebih dahulu bentuk dan tempatnya di mana saja yang sesuai," terang Hebi.


(FPR)