Rakit Bom Molotov Autodidak, Terinspirasi Perang Rusia-Ukraina

Supriadi digeledang polisi usai melempar rumah pacarnya dengan bom molotov (Foto / Istimewa) Supriadi digeledang polisi usai melempar rumah pacarnya dengan bom molotov (Foto / Istimewa)

BANYUWANGI : Pelaku pelemparan bom molotov ke rumah pacar di Banyuwangi, Supariadi (27) memberi pengakuan mengejutkan. Dia mengaku nekat membuat bom molotov karena terinspirasi perang Rusia-Ukraina. Supriadi mengaku membuat bom molotof secara autodidak.

"Saya terinspirasi perang Rusia dan Ukraina," katanya, Selasa 17 Januari 2023.  

Dia mengaku telah berpacaran dengan kekasihnya, NA (40), selama tujuh bulan. Dia kesal karena diputus oleh sang pujaan hati. Hal tersebut yang mendorongnya untuk membakar rumah mantan kekasih dengan menggunakan molotov. "Seketika itu (niat membakar rumahnya)," ujar pria bertato ini.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Agus Sobarnapraja menjelaskan, tersangka melempar bom molotov ke rumah kekasihnya di Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, Kamis 12 Januari 2023. Tak ada korban dari lemparan molotov. Namun, bom tersebut sempat membakar kursi dan sebagian area teras rumah korban.

baca juga : Tak Terima Diputus, Pemuda Banyuwangi Lempar Bom Molotov Rumah Pacar

"Kami berhasil mengamankan dalam waktu kurang dari 24 jam," kata Agus, dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya, ada bom dua molotov yang tersangka lemparkan ke rumah korban. Satu berbahan botol anggur merah. Sementara satunya berasal dari botol minuman berenergi.

"Bom molotov dibuat dengan memasukkan bahan bakar minyak jenis pertalite yang diambil dari tangki motor tersangka. Botol kemudian ditutup dengan kapas sintetis," tuturnya.

Usai pembuatan molotov selesai, tersangka langsung berangkat ke rumah korban. Tepat di depan kediaman kekasihnya itu, ia berhenti dan bergegas menyulut molotov dengan korek api. Saat itu juga molotov dilempar ke arah rumah korban.

Kobaran api dari molotov membakar bagian teras rumah hingga membuat kursi yang terdapat di sana ikut terbakar. "Tak ada korban yang ikut terbakar akibat bom molotov itu," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait