Permen Asam Berbahaya Bagi Kesehatan Mulut? Atasi dengan Cara Ini!

(Permen asam memiliki rasa asam karena mengandung asam sitrat di dalamnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com) (Permen asam memiliki rasa asam karena mengandung asam sitrat di dalamnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Clicks: Permen asam atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan asing “sour candy” merupakan salah satu jenis permen yang menjadi kesukaan bagi banyak orang.

Rasa permen ini cenderung asam sesuai namanya yang dapat membuatmu merasa lebih segar setelah mengonsumsinya. Namun, ternyata mengonsumsi permen asam berlebihan dapat membahayakan kesehatan mulut.

“Permen asam memiliki rasa asam karena mengandung asam sitrat di dalamnya,” kata Dr Heather Kunen D. D. S, seorang dokter ortodonti sekaligus founder Beam Street Dentistry, dilansir dari Gaya.id, Jumat, 22 Juli 2022.

Asam sitrat yang biasanya ditemukan pada buah lemon dan jeruk adalah bahan yang umum. Sama seperti dengan asam askorbat, fumarat, dan tartarat.

 

Baca Juga: 10 Efek Samping Mengonsumsi Kopi Setiap Hari pada Kesehatan


Semua bahan itu terdapat pada buah secara alami. Untuk permen asam yang tahan lama juga mengandung asam malat, biasa ditemukan dalam apel, ceri, dan tomat yang memperpanjang rasa pahit dari permen saat menghisapnya.

Semakin rendah tingkat pH suatu makanan, maka semakin asam itu. Tingkat pH permen asam sangat rendah, yaitu sekitar 3,0.

“Jika Anda banyak mengonsumsi makanan yang sangat asam ini, Anda mungkin menemukan bahwa bagian dalam mulut Anda terasa tidak nyaman atau bahkan terbakar,” kata Dr Kunen.

Dia menjelaskan untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut adalah dengan minum air putih atau mengonsumsi produk susu.

Konsumsi keju, yogurt, atau susu dapat memiliki dua manfaat. Pertama, dapat membantu menetralkan keseimbangan pH mulut dan membantu mulut menjadi lebih nyaman. Kedua, produk susu mengandung protein yang disebut kasein di mana itu dapat membantu melindungi enamel.


(SUR)

Berita Terkait