Mengintip Kecanggihan Rumah Bill Gates, Lantai Miliki Sensor Mendeteksi Keberadaan Orang

Ruma Bill Gates dengan teknologi canggihnya (Foto / Istimewa) Ruma Bill Gates dengan teknologi canggihnya (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Bill Gates masih menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Sukses mendirikan Microsoft, Gates pun mendirikan rumah yang dilengkapi teknologi canggih di dalamnya. Teknologi canggih pun bisa dilihat dari kunci rumahnya. Kunci menyimpan preferensi untuk segala hal mulai dari suhu ruangan hingga pencahayaan dan musik.

Sebagai tindakan keamanan, kunci dapat melacak lokasi pembawanya. Bahkan, jika berjalan di lantai dan tidak ada kunci yang terdeteksi, sistem alarm akan aktif. Rumah besar Gates memiliki sejumlah fitur canggih jauh sebelum smart home.

Hunian canggih Gates dibangun di sebidang tanah besar Washington, Xanadu 2.0 dikelilingi properti yang dibayar Gates senilai 14 juta dolar AS untuk memastikan privasinya. Terinspirasi rumah Charles Foster Kane di Citizen Kane, pembangunan melibatkan 300 pekerja dan memakan waktu tujuh tahun.

Rumah tersebut, bernilai lebih dari 130 juta dolar AS. Arsitek James Cutler dan Peter Bohlin berada di belakang desain rumah bertema pondok Pasifik. Sementara arsitek dan desainer Thierry Despont ditunjuk Melinda Gates untuk mendesain interiornya.

baca juga : Perkiraan Wajah Firaun Tutankhamun Terungkap, Kepala Unik hingga Otak yang Besar

Mansion tersebut, yang dipenuhi dengan perangkat lunak canggih dan layar berteknologi tinggi, memberikan kesan hidup di dalam video game, menyebabkan Melinda Gates menghentikan pembangunan. Meskipun ukurannya sangat besar di 66.000 kaki persegi, Xanadu 2.0 hanya memiliki tujuh kamar tidur yang dilengkapi dengan 24 kamar mandi.

Namun daya tarik sebenarnya terletak pada teknologi mutakhirnya. Saat berkunjung, para tamu diberi perangkat mirip pin yang menangkap preferensi pribadi mereka — mulai dari suhu dan pencahayaan hingga musik. Lantai mansion tertanam dengan sensor yang langsung mendeteksi keberadaan siapa pun tanpa pin, sebagaimana dikutip dari Yahoo! Teknologi bukan hanya untuk penghuninya.

Teknologi juga meluas ke pepohonan. Pohon maple berusia 40 tahun, favorit Bill Gates, terus diawasi. Jika terlalu kering, air otomatis dipompa ke dalamnya. Tapi fasilitasnya tidak berhenti di situ. Xanadu 2.0 dilengkapi ruang trampolin yang memiliki langit-langit setinggi 20 kaki, enam dapur, ruang uap, sauna, gym seluas 25.000 kaki persegi, dan aliran buatan di sepanjang danau berisi pasir yang dikirim dari St. Lucia.

 


(ADI)

Berita Terkait