Rekomendasi 5 Tanaman Hias yang Dapat Membunuh Virus dan Bakteri!

Ilustrasi tanaman hias/ Sumber: Freepik Ilustrasi tanaman hias/ Sumber: Freepik

CLICKS: Tidak sedikit dari tanaman hias yang memiliki fungsi tak hanya sebagai pemanis ruangan, namun juga dapat digunakan sebagai pembersih udara dari virus dan bakteri.

Ternyata, dalam sebuah eksperimen pada 1989, NASA menemukan hasil jika tanaman hias dalam ruangan dapat membantu menghilangkan polusi udara, lho. Adapun bagian-bagian yang berfungsi layaknya humidifier ada pada daun, akar, serta tanahnya.

Melansir Metrostyle.com, berikut ini beberapa tanaman hias dalam ruangan yang dinilai mampu membunuh virus dan bakteri yang melayang di udara dalam rumah.

1. Spider plant
Spider plant  merupakan tanaman hias yang terlihat cantik dan cocok ditempatkan di dalam ruangan. Anda bisa menaruhnya di pot gantung. Tanaman ini mempunyai warna daun yang bisa dibilang unik, yaitu warna hijau panjang dengan garis putih hingga kuning.

Spider plant juga menghasilkan bunga putih yang indah. Kelebihan tanaman ini adalah kemampuan bertahan hidupnya. Tanaman ini akan tetap hidup meski Anda lupa menyiramnya. Hebatnya tanaman ini cuma butuh air dua kali seminggu. Spider plant juga bebas racun sehingga aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan.

2. Lidah mertua
Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias indoor terbaik. Tanaman hias tersebut dipercaya dapat efektif menghilangkan polusi udara di dalam ruangan, menyerap oksigen pada saat malam hari, dan dapat melawan alergi. Tanaman hias indoor ini berdaun tebal, rimpang, dan ujung daunnya runcing.

Merawatnya pun sangatlah mudah, misalnya Anda lupa menyiramnya dalam jangka waktu yang lama tanaman hias indoor ini dapat bertahan meski lingkungan tumbuhnya kering dan tandus. Manfaat dari snake plant ini sangatlah banyak jika kita meletakkannya di dalam rumah.

Baca juga:  Ini 5 Tips Merawat Tanaman saat Musim Hujan

3. Pakis boston
Tanaman hias indoor selanjutnya ialah pakis boston. Tanaman ini juga dapat membunuh virus dan bakteri yang melayang di udara. Jenis pakis ini juga dianggap sebagai salah satu pembersih udara terbaik. Bukan hanya itu, tanaman tersebut juga dapat meningkatkan kelembapan udara secara alami.

4. Bamboo palm
Bamboo palm merupakan salah satu tanaman hias indoor yang dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah kita. Tanaman ini akan meningkatkan kelembapan yang dibutuhkan ke atmosfer ruangan.

Bamboo palm ini juga dapat menghilangkan benzene, trikloroetilen, dan formaldehida sehingga kualitas udara yang dihasilkan di dalam rumah kita semakin sehat dan baik.

5. Peace lili
Tanaman hias  satu ini bercirikan bentuk kelopak bunga yang besar dan berwarna putih. Tanaman hias lili terlihat sangat indah untuk  mempercantik ruangan. Lili tersebut dapat melawan gas beracun, misalnya formaldehida.

Sayangnya, tanaman hias indoor ini sedikit mengandung racun. Jadi, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Pastikan juga Anda mencuci tangan usai menyentuhnya.


(NAI)

Berita Terkait