Sungai Bondoyudo Jember Berbusa dan Bau Busuk, Tercemar Limbah Pabrik Gula?

Aliaran sungai Bondoyudo di Desa Semboro, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember dipenuhi busa berwarna kuning dan berminyak. (metrotv) Aliaran sungai Bondoyudo di Desa Semboro, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember dipenuhi busa berwarna kuning dan berminyak. (metrotv)

JEMBER: Aliran anak Sungai Bondoyudo yang membentang antara Kabupaten Jember dan Lumajang Jawa Timur mendadak dipenuhi busa dengan bau tidak sedap. Diduga, sungai tercemar imbah Pabrik Gula Semboro.  

Dari pantuan di lokasi, aliran anak sungai Bondoyudo di Desa Semboro, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember terlihat dipenuhi busa berwarna kuning dan diselimuti minyak.

Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas warga setempat maupun pengguna jalan yang melintas. Sebab, engeluarkan bau tidak sedap dan menyengat.

BACA: Bea Cukai Pasuruan Bakar 11 Juta Batang Rokok Ilegal, Nilainya Rp 15 Miliar

"Selain kotor aliran sungai anak Bondoyudo juga bercampur busa berwarna putih kekuningan seperti mengandung minyak, warga menduga pencemaran sungai ini berasal dari limbah pabrik gula Semboro, "  ujar Sunarto, salah satu warga.

Sementara pihak Pabrik Gula Semboro melalui humasnya, Herman Fajar menyatakan limbah di aliran anak sungai Bondoyudo bukan berasal dari pabriknya.  

"Kami telah melakukan upaya pengolahan limbah sebelum di buang di aliran sungai, " bantahnya.


(TOM)

Berita Terkait