BBPJN Jawa Timur - Bali Adakan Bimbingan Implementasi SIPASTI dan EKatalog

http://binamarga.pi.go.id http://binamarga.pi.go.id

Surabaya: Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali mengadakan Bimbingan Teknis Implementasi SIPASTI dan EKatalog selama dua hari pada 24 – 25 Juni 2024. 

Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri PUPR nomor 4 tahun 2022 yang menekankan strategi pencegahan risiko penyimpangan dalam proses pengadaan barang/jasa serta mematuhi surat edaran terkait penerapan SIPASTI dan EKatalog.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan, Ayu Pertimasari, dalam sambutannya mewakili kepala BBPJN Jatim – Bali, menyampaikan latar belakang dan tujuan dari kegiatan ini. dirinya menjelaskan bahwa perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut instansi publik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengadaan barang dan jasa.

“Aplikasi SIPASTI (Sistem Informasi Harga Perkiraan Sendiri Terintegrasi) dan EKatalog diharapkan dapat menjadi solusi inovatif yang mendukung upaya tersebut.” Ungkap Ayu dikutip dari Binamarga.pu.go.id, Rabu, 26 Juni 2024.

Ayu menjelaskan bahwa SIPASTI akan membantu dalam pengelolaan harga perkiraan sendiri secara terintegrasi, sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Bina Marga untuk memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan. Sementara itu, EKatalog, sebuah platform pengadaan barang dan jasa melalui katalog elektronik, diharapkan dapat mempermudah proses pengadaan dengan lebih cepat dan transparan.

"Dengan Bimtek ini, kami berharap seluruh peserta dapat memahami dengan baik cara penggunaan SIPASTI dan EKatalog, sehingga implementasinya dapat optimal di lingkungan kerja masing-masing," ujar Ayu.

Acara ini juga menjadi forum untuk berdiskusi dan bertanya jawab mengenai tantangan yang mungkin dihadapi selama proses implementasi. Keberhasilan implementasi kedua aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan BBPJN Jawa Timur - Bali dalam menjalankan tugasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ayu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Bimtek ini. "Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan BBPJN Jawa Timur - Bali," tambahnya. Acara juga dihadiri oleh kepala bidang, kepala satuan kerja, serta PPK di lingkungan BBPJN Jatim – Bali.


(SUR)

Berita Terkait