Fantastis! Bongkah Muntahan Paus Jenis Ini Harganya Dua Kali Lipat Emas

Ilustrasi Ambergris/ Sumber: 12 Tomatoes Ilustrasi Ambergris/ Sumber: 12 Tomatoes

CLICKS:  Pernahkah Anda mendengar muntahan ikan paus? Mungkin untuk mendengarnya saja sudah tak pernah, apalagi untuk melihat seekor ikan paus muntah.

Belakangan muntahan ikan paus, atau yang lebih dikenal ambergris, menjadi salah satu komoditas yang sedang hangat diperbincangkan. Hal ini pula yang membuat ambergris memiliki harga yang fantastis.

Dihimpun dari berbagai sumber, sebongkah batu ambergris harganya  dapat mencapai dua kali lipat dari emas lho! Ambergris juga dapat diperjualbelikan dengan harga USD25 per gram. Namun, muntahan yang berbentuk padat, dan mudah terbakar ini hanya diproduksi jenis paus sperma.

Baca juga:  John Kaselik, Peternak Burung Tercantik di Dunia Untung Puluhan Juta, Mau Coba?

Biasanya ambergris ditemukan dalam bentuk padat seperti bongkahan batu dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bervariasi. Mulai dari 15 gram hingga 420 kilogram. Selain itu, ambergris umumnya ditemukan mengapung dan juga terdampar di pantai.

Manfaat dan kegunaan ambergris

Menurut National Geographic, terlepas dari asal-usulnya yang belum dapat dipecahkan para peneliti, ambergris dinilai dapat dikonsumsi sebagai obat. Tak hanya itu, sifat fiksatif, dan kemampuannya untuk meningkatkan aroma penciuman juga telah digunakan oleh industri parfum sejak lama.

Ambergris sangat berperan dalam perkembangan industri parfum. Diketahui parfum kelas atas seperti merek Chanel dan Lanvin juga memanfaatkan kemampuan ambergris untuk memperbaiki aroma pada kulit manusia.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai muntahan ikan paus atau ambergris. Semoga bermanfaat.


(NAI)