Menhub Dukung Pembangunan Sky Bridge Stasiun KA Banyuwangi-Pelabuhan ASDP Ketapang

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada Kamis, 9 Mei 2024. Foto: ANTARA-HO-Humas Pemkab Banyuwangi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada Kamis, 9 Mei 2024. Foto: ANTARA-HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, segera membuat surat dinas untuk Kementerian PUPR soal rencana pelaksanaan proyek jembatan penyeberangan layang atau sky bridge yang menghubungkan stasiun kereta api ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur.

"Saat ini desain sky bridge sudah selesai, yang merancang Andramatin. Namun pembangunannya ranah Kementerian PUPR, kami akan buatkan nota ke Pak Menteri PUPR untuk mempercepat proses pembangunannya. Jadi nanti ada sky bridge juga terminal VVIP," ucap Menteri Budi dikutip dari Antara, Jumat, 10 Mei 2024.

Ia menyatakan bahwa tugas utama Kementerian Perhubungan adalah menghubungkan berbagai potensi yang ada di setiap wilayah. Potensi pariwisata di Banyuwangi sendiri juga dioptimalkan dengan baik oleh pemerintah daerah sehingga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Salah satu proyek percepatan infrastruktur adalah rencana pembangunan jembatan layang dari Stasiun Banyuwangi Baru hingga Pelabuhan ASDP Ketapang. Dibangunnya jembatan tersebut dapat memudahkan perpindahan wisatawan dari moda transportasi kereta api ke kapal laut.

Menteri Budi pun mengatakan siap untuk mendukung kembali pengembangan infrastruktur Banyuwangi yang dapat meningkatkan perekonomian daerah.

"Kabupaten produktif seperti Banyuwangi ini pasti sering kami kunjungi dan kami pikirkan konektivitas potensi-potensi yang ada," tutur dia.

Ia menyatakan, dukungannya terhadap Banyuwangi adalah bentuk apresiasi terhadap berbagai prestasi yang diraih Banyuwangi di level nasional hingga internasional.

"Saya juga paling sering ke sini, karena apa? Di sini punya daya tarik wisata dan bisa jadi contoh bagi kabupaten atau daerah yang lain," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mendukung perpanjangan relasi kereta api rute Banyuwangi-Jakarta. Rute tersebut dikatakannya dapat menambah potensi kunjungan wisatawan menuju Kabupaten Banyuwangi.

Sedangkan, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berterima kasih atas dukungan Kementerian Perhubungan dalam pembangunan jembatan layang dari Stasiun KA Banyuwangi Baru sampai ke Pelabuhan ASDP Ketapang.

"Alhamdulillah, saat ini juga sedang direnovasi Stasiun Banyuwangi Kota untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Renovasi stasiun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan," kata Ipuk dikutip dari Antara, Jumat, 10 Mei 2024.


(SUR)

Berita Terkait