3 Terduga Pencuri Onderdil Alat Berat di Sidoarjo Dimassa, Mobil Dibakar

Kondisi pikap milik terduga pelaku pencurian alat berat gosong dibakar massa (Foto / Istimewa) Kondisi pikap milik terduga pelaku pencurian alat berat gosong dibakar massa (Foto / Istimewa)

SIDOARJO : Tiga orang yang diduga maling spesialis onderdil alat berat, dihajar warga, Minggu 15 Mei 2022. Mereka dimassa setelah terpergok beraksi di dalam area, bekas SPBU Sarirogo. Satu unit mobil Daihatsu Grandmax Nopol W 9358 GM, sarana terduga pelaku melakukan aksinya, dibakar massa.

Zainul salah satu warga Sarirogi pencurian itu diketahui sekitar pukul 02.30 WIB, di bekas SPBU Sarirogo Kec. Sidoarjo. Saat itu di lokasi tersebut terparkir satu unit alat berat jenis eskavator milik Yunan warga Sarirogo. Namun eskavator tersebut dalam kondisi rusak dan hanya tinggal sebagian atau tak utuh.

Kemudian, ada 3 orang datang ke area SPBU itu mengemudikan mobil pikap Grandmax. Bahkan satu di antara 3 pelaku itu sempat meminjam korek api kepada warga di sekitar TKP. “Warga membiarkan mobil itu masuk area SPBU,” terang Andi.

Dia menambahkan, warga kemudian curiga mengintai dari luar pagar. Ternyata ketiga orang itu, berada di dekat alat berat yang sudah rusak tersebut. Lantaran tak sabar, warga mendatangi ke tiga orang itu. Salah seorang dari ketiganya mengaku berinisial MW warga Kelurahan Pucang, Sidoarjo Kota.

Baca juga : Terduga Pelaku Pembunuhan Nona Bocil Teridentifikasi

“Saat ditanya, alasan dari salah seorang orang itu adalah mencari dompet, padahal SPBU itu ditutup gak ada aktivitas, masak dompet bisa jatuh di dalam SPBU,” ungkapnya.

Lanjut Zainul, warga tak percaya dengan alasan ketiganya, karena ada salah satu onderdil alat berat tersebut sudah berpindah tempat dari tempat semula. “Ada onderdil yang sudah berpindah tempat, kira-kira jarak dari tempat semula sekitar 2 sampai 3 meter,” ungkapnya.

Warga yang tak percaya dengan ketiga orang itu, terus mencecar pertanyaan. Hingga salah satu dari ketiga orang itu, tersulut emosi dan memukul warga. Dari situ warga lain langsung emosi dan membalas pukulan terduga pelaku beramai-ramai.

Warga tak hanya melampiaskan emosi kepada ketiga orang tersebut, namun warga juga melampiaskan emosinya dengan membakar mobil pikap Grandmax Nopol W 9358 GM yang dikendarai oleh ke tiga orang itu. “Karena terlanjur emosi, mobil grandmax, yang dikendarai ketiganya ikut dibakar warga,” paparnya.

Kejadian dugaan percobaan pencurian onderdil alat berat tersebut, sudah dilaporkan ke Polresta Sidoarjo. Sementara itu Iptu Tri Novi Handono, Kasubsi PIDM Humas Polresta Sidoarjo membenarkan kejadian tersebut. Terkait ketiga orang terduga pelaku belum ditetapkan tersangka.

“Kasus tersebut masih kita lakukan penyelidikan,” pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait