Peristiwa Tenggelamnya KMP Yunicee, Begini Analisa Ahli ITS

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Dosen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Prof. I Ketut Aria Pria Utama, melakukan analisa terkait dugaan penyebab tenggelamnya KMP Yunicee. Dia menduga jika kondisi dan usia kapal menjadi penyebaab nahas itu.

“Kondisi kapal kelihatannya sudah tua dan kurang terawat. Usia kapal memberi pengaruh terhadap ketenggelamannya. Tentu perlu survei dari PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” kata Prof. Ketut, Rabu 30 Juni 2021.

Ketut mengatakan secara umum umur rata-rata kapal feri adalah 20 tahun. Sementara di luar negeri malah hanya 10 tahun dan dijual. Tetapi jika dirawat dengan baik, kata Prof. Ketut, maka kapal bisa dioperasikan sampai 5-10 tahun ke depan.

“Sedangkn setahu saya KMP Yunicee ini pun bukan kapal baru karena dibeli dari Korea Selatan,” kata Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) itu.

BACA JUGA : Ada Korban Dua Balita di KMP Yunicee Tanpa Manifes

Prof. Ketut memaparkan jika dilihat dari foto, pintu rampa kapal sudah ditutup dengan kedap yang sesuai dengan standar. “Kenapa kapal itu bisa tenggelam, hanya ada satu jawaban yakni air masuk. Hanya bagaimana caranya air masuk. Ada beberapa kemungkinan soal itu,” ujar Vice President the Royal Institution of Naval Architects (RINA) Regional Asia itu.

Dia mencontohkan saat peristiwa kapal tenggelam salah satunya di Teluk Bone, Sulawesi, kapal tidak mengalami kebocoran tapi air masuk karena gelombang laut yang bedar melalui pintu rampa yang tidak kedap. Air tersebut pelan-pelan masuk karena keteledoran kru kapal sehingga ruang mesin dipenuhi air dan membuat kapal terbalik.

“Dari insiden kapal tenggelam ini kemungkinannya juga karena nakhoda tidak memperhatikan jika kapal sudah kandas. Ada di daerah yang tidak rata, mengenai kapal dan membuatnya robek dan membuat air masuk,” ujarnya.

Selain itu, ada bukaan di KMP Yunicee. Bukaan tersebut dapat ditutup saat musim dingin. Sementara di Indonesia bukaan tersebut dibuka agar ada angin yang masuk daripada harus memasang AC yang ongkosnya mahal.

“Bukaan ini ada ketentuannya, tidak boleh terlalu banyak dan terlalu lebar. Sebab jika ada gelombang besar, maka air akan masuk ke bukaan tersebut dan membuat kapal terbalik. Tapi kalau dia kandas ada sisi lain yang mengenai kapal dan membuatnya robek. Apalagi peristiwa terbaliknya sangat cepat,” ujarnya.

Selanjutnya pada peristiwa tenggelamnya kapal pesiar mewah Costa Concordia dari Italia. Kapal pesiar tersebut terbalik dan tenggelam juga di perairan yang dangkal. setelah dicek ada bagian kapal yang menabrak bagian pantai sehingga mengakibatkannya robek.

“Kalau itu terjadi perlu adanya standar dari pemerintah yang diubah. Bagaimana operasi kapal, jumlah kapal yang dapat beroperasi,” ujarnya.

Standar untuk reparasi kapal sekitar 12-18 bulan. Yang diperiksa adalah ketebalan pelat dan pelat yang ada di lambung karena bersentuhan langsung dengan air.

“Hal itu berpotensi korosi yang membuat ketebalan dan kekuatannya berkurang, sehingga harus diperiksa. Kalau batasan pelat kurang dari standar di BKI, maka harus diganti,” katanya.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee yang memuat penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan laut Selat Bali pada Selasa malam 28 Juni 2021.

 


(ADI)

Berita Terkait