Membludak, Penukaran Uang Baru di Gresik Dibatalkan

Petugas keamanan mencoba menenangkan warga/metrotv Petugas keamanan mencoba menenangkan warga/metrotv

GRESIK: Penukaran uang baru dari Bank Indonesia melalui mobil kas keliling di terminal Bunder Gresik, berakhir ricuh. Kericuhan terjadi karena membeludaknya jumlah warga sehingga petugas terpaksa membatalkan kegiatan penukaran uang.

Ratusan warga yang didominasi kelompok ibu-ibu langsung berlarian menyerbu mobil kas keliling Bank Indonesia yang melayani penukaran uang di Terminal Bunder Gresik. Warga langsung bergegas merangsek mendekati mobil kas kelliling agar mendapatkan antrean terdepan.

Antrean warga di terminal Bunder diketahui terjadi sejak pukul 07.00 WIB. Warga mengetahui informasi adanya penukaran uang baru tersebut dari media sosial Trans Jatim.

Petugas kepolisian dari Brimob yang diterjunkan untuk melakukan pengawalan, kewalahan mengatur warga yang terus merangsek dan saling berdesak-desakan, hingga nyaris terjadi kericuhan.

BACA: Sidang Isbat Idulfitri Digelar 20 April

Antisipasi jatuh korban, petugas keamanan dan petugas Bank Indonesia, berusaha menenangkan warga. Namun, karena warga semakin tidak terkendali, petugas akhirnya membatalkan kegiatan penukaran uang.

"Kecewa sekali atas batalnya penukaran ini. Sejak jam 06.00 wib sudah datang dan antre. Ternyata batal begitu saja," ujar Tata, salah satu warga yang mengantre, Rabu, 12 April 2023.

Mendapat keputusan pembatalan tersebut, warga akhirnya membubarkan diri. Mobil Kas Keliling penukaran uang baru pun meninggalkan terminal Bunder.

"Ya terpaksa pulang dengan tangan hampa, karena panitia membatalkan kegiatan," sesalnya.

 


(TOM)